Probolinggo

Edukasi Energi Mandiri di Dusun Tanah Merah Desa Batur, Perbaiki PLTMH dan Bangun Digester Biogas

Diterbitkan

-

Edukasi Energi Mandiri di Dusun Tanah Merah Desa Batur, Perbaiki PLTMH dan Bangun Digester Biogas

# Doktor Mengabdi Universitas Brawijaya

Memontum Probolinggo – Sebagai insan akademisi, para dosen Universitas Brawijaya (UB) Malang ini mengabdikan dirinya kepada masyarakat melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat Doktor Mengabdi (PKM DM) 2018. Adalah Dr. Runi Asmaranto, ST. MT. (Ketua Pelaksana), DR. Eng. Denny Widhiyanuriyawan, ST. MT., Sugiarto, ST. MT., ketiganya dari Fakultas Teknik (FT), yang berkolaborasi dengan dosen Fakultas Pertanian Mangku Purnomo, SP., MSi. PhD.

Pengabdian Kepada Masyarakat Doktor Mengabdi (PKM DM) merupakan program pengabdian kepada masyarakat yang melibatkan para dosen yang telah bergelar doktor, setara, atau lebih, dengan kolaborasi berbagai disiplin keilmuan sesuai kebutuhan. Dalam kegiatan pengabdiannya menggunakan sumber dana Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Universitas Brawijaya pada tahun anggaran kegiatan.

Edukasi pembuatan digester biogas. (rhd)

Edukasi pembuatan digester biogas. (rhd)

Dengan judul PKM DM “Menuju Masyarakat Sejahtera Melalui Penyediaan Energi Mandiri di Daerah Terpencil”, tim ini memilih dusun Tanah Merah, desa Batur, kecamatan Gading, kabupaten Probolinggo, karena belum terjangkau listrik PLN. Untuk mencapai dusun yang berada di lereng gunung Argopuro ini, tim harus jalan kaki atau naik kendaraan roda dua sejauh 5 kilometer dari pusat pemerintahan desa Batur. Dusun Tanah Merah berpenghuni sekitar 500 KK dan sebagian besar belum menikmati energi listrik dari PLN. Ironinya, dusun ini hanya terpaut beberapa puluh kilometer dari PLTU Paiton.

Sebelumnya, desa Batur ini telah menjadi desa binaan UB dalam beberapa program pengabdian masyarakat, seperti BPPM, DM, CSR, dan lainnya. Tak hanya di desa Batur, namun juga desa sekitarnya yang dilakukan secara bertahap dan bergantian. Harapannya, mereka mampu bertukar pengalaman dan saling mengedukasi tentang keilmuan tersebut.

Pemberian bantuan PLTMH dan Digester Biogas. (rhd)

Pemberian bantuan PLTMH dan Digester Biogas. (rhd)

“Kali ini, tim kami memilih dusun Tanah Merah. Nantinya, setelah mandiri energi, UB akan memberdayaan ekonomi masyarakat, khususnya pada hasil buminya, seperti kopi, pisang, lombok, kubis, kentang, dan lainnya,” jelas Ketua Pelaksana, Dr. Runi Asmaranto, ST. MT, kepada Memo X saat meninjau lokasi, Minggu (16/9/2018).

Advertisement

Laman: 1 2

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas