Jember

Hari Tani Nasional ke 58, Ribuan Petani Gelar Aksi damai di Depan Pemkab Jember

Diterbitkan

-

Hari Tani Nasional ke 58, Ribuan Petani Gelar Aksi damai di Depan Pemkab Jember

Memontum Jember – Ribuan petani yang sedang berseketa tanah dari belasan organisasi petani yang tergabung dalam SEKTI (serikat tani independen) Rabu (26/9/2018) menggelar Aksi damai didepan Kantor Pemkab Jember. Dalam aksi memperingati Hari Tani Nasional atau Hari Agraria yang ke-58 ini, bertajuk “Lawan Perampasan Tanah, Laksanakan Reforma Agraria, Tanah Untuk Petani Penggarap” Mereka mendesak Pemerintah dibawah Kepemimpingan Joko Widodo segera menjalankan Reforma Agraria.

Mereka menganggap pemerintah masih belum serius menjalankan reforma agraria, pasalnya Undang-undang Pokok Agraria (UUPA) No. 5 Tahun 1960 tidak pernah dijalankan dengan sungguh-sungguh, bahkan banyak terjadi penyimpangan, karena tidak sesuai dengan roh cita-cita dan amananat dibuatnya UUPA.

Hal ini terbukti dengan lahirnya sejumlah Undang-undang sektoral yang bertentangan dengan UUPA baik sektor Perkebunan, Pertambangan, maupun kehutanan. Demikian disampaikan Ketua Serikat Tani Independen (Sekti) Kabupaten Jember Ahmad Jumain, Rabu (26/9/2018).

“Akibatnya sejumlah sengketa tanah di Indonesia, termasuk sengketa tanah di Kabupaten Jember yang melibatkan warga dengan Perhutani dan Perkebunan, PTPN X, PTPN XI dan PTPN XII, dan Perkebuanan Swasta lainnya hingga kini masih terkatung-katung, karena hanya digunakan kepentingan politik”, keluhnya.

Advertisement

Nawa Cita yang dikumandangkan oleh Pemerintahan Jokowi, katanya, masih sebatas persertifikatan dalam bentuk prona. “Nawacita Jokowi masih belum menyentuh tanah obyek Reforma Agraria/TORA, padahal sejatinya bukan itu yang hanya Prona, yang hanya untuk kepentingan Investasi belaka.

Laman: 1 2

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas