Connect with us

Kota Malang

Lantik DPC IWAPI Kota Malang, Wali Kota Sutiaji Ingatkan Penguatan Ekonomi Kerakyatan

Diterbitkan

||

Lantik DPC IWAPI Kota Malang, Wali Kota Sutiaji Ingatkan Penguatan Ekonomi Kerakyatan

Memontum Kota Malang – Wali Kota Malang, Sutiaji, menghadiri pelantikan dan pengukuhan Dewan Pengurus Cabang (DPC) Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kota Malang di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Malang, Sabtu (02/04/2022) tadi.

Sutiaji menuturkan, dirinya mendorong dan mendukung DPC IWAPI Kota Malang, yang turut berkontribusi dalam penguatan ekonomi kerakyatan di Kota Malang. Khususnya, pada penguatan ekonomi lokal sehingga bisa terbentuk kemandirian ekonomi dan banyak memunculkan merek-merek lokal yang mempunyai daya saing.

“Ekonomi lokal harus dapat berjalan. Pelan tapi pasti sudah dialokasikan, mana yang tingkat lokal, regional, nasional dan bahkan tingkat internasional,” ujar Sutiaji.

Selain itu, menurutnya 40 persen dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dan Anggaran Pendapat Belanja Negara (APBN), harus dapat dialirkan kepada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lokal. Pasalnya, hal tersebut sesuai dengan perintah dari Presiden RI.

“Kita jangan sampai menjadi penonton di negara sendiri. APBD, APBN itu dari rakyat. Harus kembali kepada rakyat. Belanjakan produk lokal, jangan punya negara lain. IWAPI harus mendorong itu,” lanjutnya.

Baca juga :

Dijelaskannya, Negara Indonesia sebagai negara strategis dalam pasar ekonomi dunia, menjadi salah satu keuntungan, dan juga menjadi tantangan yang luar biasa. Dimana, sesuai dengan prediksi bahwa Indonesia akan menjadi 4 negara terbesar di dunia di tahun 2050. Sejalan dengan itu, dirinya berharap IWAPI mampu memberikan stimulus terhadap penguatan ekonomi Kota Malang.

“IWAPI Kota Malang harus semangat. Saya sebagai pembina, berharap program-program yang dimunculkan nantinya sinergis dengan kebijakan Pemerintah Daerah dalam membina UMKM di Kota Malang,” tambahnya.

Oleh karena itu, menurutnya perlu dilakukan penguatan melalui pelatihan-pelatihan. Selain itu melalui Pemkot Malang, Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskoperindag) Kota Malang, serta Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda), harus saling bersinergi.

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Wali Kota Batu, Hj Dewanti Rumpoko, Ketua Dekranasda Kota Malang, Hj Widayati Sutiaji serta beberapa Kepala Perangkat daerah dan perusahaan daerah. (cw2/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.