Probolinggo

Perayaan Imlek di TITD Sumber Naga Probolinggo Guyub dan Meriah, Pj Wali Kota Sebut Toleransi Terjaga Baik

Diterbitkan

-

Memontum Probolinggo – Perayaan Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili/2024 Masehi di Kota Probolinggo berlangsung guyub dan meriah, Jumat (09/02/2024) malam. Sejumlah umat serta masyarakat umum, memenuhi Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Sumber Naga.

Kedatangan mereka, tidak hanya untuk beribadah. Namun, beberapa masyarakat datang juga untuk turut menikmati sajian kuliner dan hiburan gratis, yang telah disiapkan oleh pengelola TITD. Diantaranya penampilan tarian modern dari Universal Line Dance Kota Probolinggo, pagelaran wayang kulit Ki Koeswoyo Atmo Wibowo, iringan karawitan dari Jack Nicklaus hingga atraksi kembang api.

“Malam ini, 20.30 acara tarian Line Dance. Jam 23.00, ada sembahyang bersama lalu ada kembang api,” terang Ketua Umum TITD Sumber Naga, Adi Sutanto Saputra, yang juga berharap di tahun ini agenda Pemilu dapat berjalan lancar dan damai.

Ditemui seusai menyapa masyarakat, Pj Wali Kota Probolinggo, Nurkholis, mengatakan bahwa Tahun Baru Imlek meskipun budaya dari etnis Tionghoa, namun perayaannya juga diminati oleh masyarakat sekitar. Hal ini menjadi bukti, bahwa toleransi serta kemajemukan di Kota Probolinggo terjaga dengan baik.

Advertisement

Baca Juga :

“Warga sekitar ada yang menyaksikan hiburan di halaman kelenteng dan pagelaran wayang kulit. Juga ada yang menikmati sajian makan bersama. Sebuah tradisi unik bagian dari identitas budaya dari beragam etnis di Kota Probolinggo yang harus tetap dilestarikan,” katanya.

Turut mendampingi Pj Wali Kota Nurkholis, juga ada Dandim 0820 Probolinggo, Letkol Arm Heri Budiasto, yang mengaku kagum dengan banyaknya masyarakat dari berbagai latar belakang yang datang ke TITD Sumber Naga. Menurutnya, hal tersebut menunjukkan rasa toleransi yang tinggi diantara masyarakat Kota Probolinggo.

“Menunjukkan bahwa budaya pendalungan yang ada di Kota Probolinggo ini memang benar-benar toleransinya sangat tinggi, ini patut untuk generasi muda melanjutkan,” jelas Dandim. (kom/pix/gie)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Lewat ke baris perkakas