Connect with us

Kota Malang

Tumbuhkan Kreativitas Siswa, SMKN 4 Kota Malang Gelar Pameran Karya Berbasis Project

Diterbitkan

||

Tumbuhkan Kreativitas Siswa, SMKN 4 Kota Malang Gelar Pameran Karya Berbasis Project

Memontum Kota Malang – Untuk mengembangkan kreativitas siswa, SMKN 4 Kota Malang atau yang biasa dikenal dengan SMK Grafika, menggelar pameran karya pembelajaran berbasis project di Lapangan Basket dan Perpustakaan SMKN 4 Kota Malang, Rabu (22/06/2022) tadi.

Kepala Sekolah SMKN 4 Kota Malang, Drs Gunawan Dwiyono SST MPd, mengatakan dengan menumbuhkan kreativitas siswa, maka harapannya bisa menghasilkan produk unggulan yang siap bersaing ketika diluar sekolah. “Semua yang dipamerkan ini produk unggulan. Saya meyakini, dengan produk yang dibuat, maka bisa bersaing ketika mereka di luar sekolah nanti,” jelas Gunawan, Rabu (22/06/2022).

Gelaran tersebut ternyata baru pertama kali dilakukan dan untuk peserta yang mengikuti, yakni para guru dan juga lebih difokuskan kepada siswa kelas X. Diketahui, bahwa SMK Grafika itu memiliki sembilan kompetensi keahlian yang semua itu mengarah pada pembelajaran berbasis project.

Baca juga :

“Yang diprioritaskan adalah siswa kelas X. Untuk pembelajaran based project ini memang kurikulum merdeka belajar. Walaupun yang dikembangkan mekatronik, tapi semua keahlian di sini nggak mau tertinggal,” lanjutnya.

Perlu diketahui, dalam gelaran pameran tersebut, ada sekitar 25 tenant untuk ajang memamerkan project dari masing-masing kelas. Dirinya berharap, dengan kegiatan yang dilakukan itu bisa menjadi event tahunan untuk mengapresiasi karya siswa.

“Harapannya ini bisa menjadi event tahunan untuk mengapresiasi terhadap karya siswa, dimana itu produk pembelajaran mereka. Selain itu, juga untuk melatih siswa mengorganize sebuah pameran, dan juga melatih mereka untuk belajar public speaking,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua pameran kelas Teknik Komputer Jaringan (TKJ) B, Habibi, mengatakan dengan adanya gelaran tersebut pihaknya merasa terfasilitasi. Sebab, karya yang dibuat di dalam kelas itu tidak sia-sia dan bisa dipamerkan.

“Jadi, salah satu karya yang kami buat saat pembelajaran di dalam kelas itu salah satunya membuat sensor lampu tepuk. Dengan adanya ajang pameran ini kita bisa menunjukkan karya yang kita buat,” ucap Habibi.

Sebagai informasi, kegiatan tersebut akan berlangsung selama tiga hari hingga Jumat (24/06/2022) mendatang. Selain menggelar pameran karya based project, juga ada pameran lukisan hasil karya seluruh siswa kelas X, dengan kurang lebih ada ratusan lukisan kanvas. (rsy/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.