Kota Malang

Upaya Penanganan Stunting, Pemkot Malang Siapkan Langkah Strategis

Diterbitkan

-

Sekda Kota Malang, Erik Setyo Santoso. (memontum.com/rsy)

Memontum Kota Malang – Penanganan stunting di Kota Malang terus dilakukan. Dalam penanganan ini, dibutuhkan peran dari semua pihak dan harus dilakukan secara menyeluruh. Hal itu, dikatakan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang, Erik Setyo Santoso, Kamis (13/06/2024) tadi.

Pria yang kerap disapa Erik, menyampaikan bahwa dalam penanganan tersebut harus diselesaikan dengan langkah-langka strategis. Yakni, mulai dari pasangan calon pengantin (Catin) hingga masa tumbuh kembang bayi.

“Stunting ini adalah masalah yang menyangkut banyak aspek masyarakat. Sehingga dalam penyelesaiannya, harus dimulai sejak dini. Mulai dari Catin, proses kehamilan, sampai tumbuh kembang bayi harus terus dilakukan sampai dengan menuju zero stunting,” ujar Sekda Erik.

Baca juga :

Advertisement

Kemudian, ditambahkannya bahwa dalam menangani persoalan tersebut, Pemerintah Kota Malang juga menggandeng berbagai pihak terkait. Termasuk dengan menggandeng pihak ketiga.

“Ada banyak hal yang harus kita lakukan selain menggunakan resources (Sumber Daya, red) yang dimiliki Pemkot Malang. Dalam penanganannya, tentu memerlukan infrastruktur kesehatan yang berkualitas supaya tingkat kesehatan warga, terutama ibu hamil dan balita, dapat tertangani dengan baik,” jelasnya.

Lebih lanjut, untuk memperkuat upaya tersebut, Pemkot Malang juga melibatkan jejaring hexahelix, diantaranya seperti dari pemerintah, akademisi, dunia usaha, komunitas, media dan masyarakat. “Kami selalu melakukan pendampingan dan melibatkan jejaring hexahelix. Itu pasti menjadi sumber daya yang akan semakin melengkapi penanganan stunting,” tuturnya.

Dengan pendekatan komprehensif tersebut, Sekda Erik optimis bahwa Kota Malang dapat mengurangi angka stunting secara signifikan dan mencapai target zero stunting dalam jangka waktu yang telah ditetapkan. (rsy/sit)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Lewat ke baris perkakas