Connect with us

SEKITAR KITA

Viral Usai Corat Coret Smart Bench, Terduga Vandalisme Datangi Diskominfo Trenggalek untuk Minta Maaf

Diterbitkan

||

Viral Usai Corat Coret Smart Bench, Terduga Vandalisme Datangi Diskominfo Trenggalek untuk Minta Maaf

Memontum Trenggalek – Sebuah video viral aksi vandalisme perusakan fasilitas umum oleh sekelompok pemuda di Trenggalek. Aksi yang terekam CCTV itu, memperlihatkan pelaku mencorat-coret bangku smart bench (bangku pintar) yang ada di kawasan Alun-alun Trenggalek.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Trenggalek, Edif Hayunan Sasmito, mengaku sangat menyayangkan adanya kejadian tersebut. “Tentunya, kami sangat menyayangkan kejadian ini. Akibat aksi yang tidak terpuji ini kondisi fasilitas umum menjadi kotor dan tidak nyaman,” ungkapnya saat dikonfirmasi, Selasa (12/07/2022) tadi.

Diketahui, aksi tersebut dilakukan pada Sabtu (09/07/2022) sekitar pukul 03.00. Dalam rekaman video, tampak sekelompok pemuda tengah duduk-duduk (nongkrong) di smart bench yang ada di kawasan alun-alun. Kemudian, para pelaku dengan sengaja mencorat-coret smart bench dengan menggunakan cat ballpoint. “Kemungkinan, pelaku ini para penggemar skateboard. Nanti kita juga akan mencari mereka untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya ini,” imbuh Edif.

Tidak berselang lama, dua orang yang diduga sebagai pelaku aksi vandalisme itu, mendatangi kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Trenggalek, untuk meminta maaf. Dan benar, keduanya adalah terduga dan mengaku dari komunitas skateboard dan seniman mural (pelukis dinding). Namun, beberapa orang yang juga terekam, belum melakukan klarifikasi atas perbuatan yang dilakukan.

“Awalnya, pelaku merasa jika hal yang dilakukan itu wajar-wajar saja. Karena menurutnya, itu menjadi bagian dari seni dan kreatifitas. Pelaku juga mengaku kalau penilaian coretan itu tergantung dari sudut pandang individu,” jelasnya.

Baca juga :

Edif menambahkan, jika mengekspresikan sesuatu itu sah-sah saja. Hanya, perlu dilihat tempat dan situasi. Pihaknya juga mempersilahkan jika memang para seniman itu mau meluapkan kreatifitasnya, namun tidak dengan merusak fasilitas publik yang bisa memberikan rasa tidak nyaman kepada pengguna fasilitas lain pada umumnya.

Sementara itu, menurut keterangan salah satu vandalisme, mengatakan jika aksi corat-coret smart bench ini awalnya hanya iseng dilakukan. “Ya, kita cuma iseng saja awalnya. Dan tidak tahu kalau bakal seperti ini kejadiannya,” katanya.

Terkait perbuatannya itu, dirinya meminta maaf kepada masyarakat dan Pemerintah Daerah Trenggalek, secara lisan. Selain itu, dirinya juga sudah membuat surat pernyataan tidak akan mengulangi perbuatannya lagi.

Saat berita ini ditulis, coretan yang sempat muncul di smart bench saat ini telah dihapus. Penghapusan dilakukan oleh kelompok lain yang diduga dari komunitas perupa. Perlu diketahui, jika Trenggalek Smart Bench merupakan fasilitas publik yang memiliki sejumlah layanan. Seperti WiFi gratis, tempat pengisian ulang baterai dan layanan informasi digital. Fasilitas publik smart bench ini juga terpasang dibeberapa titik d kawasan perkotaan yakni di alun-alun dan Pasar Pon Trenggalek. (mil/gie)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.