Kota Batu

64 Sekolah Dasar Negeri di Kota Batu Kekurangan Guru Pengajar

Diterbitkan

-

Memontum Kota Batu – Sekitar 64 Sekolah Dasar Negeri (SDN) yang berada di wilayah Kota Batu, kekurangan guru pengajar. Kekurangan dari guru pengajar tersebut, meliputi kebutuhan untuk guru kelas serta mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan (PJOK).

Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SD Dinas Pendidikan Kota Batu, Daud Andoko, saat dikonfirmasi membenarkan mengenai berkurangnya tenaga pengajar sekolah dasar tahun 2023. Itu karena, akibat banyaknya guru yang harus pensiun.

“Tahun 2023 ini memang untuk guru tingkat sekolah dasar di Kota Batu, banyak kekurangan guru pengajar, akibat banyak yang pensiun karena berusia 60 tahun. Bahkan, di tahun ini, ada sebanyak 40 orang,” terangnya, saat dihubungi via telpon, Selasa (06/06/2923) tadi.

Baca juga :

Advertisement

Apabila diurai dari 40 orang tenaga pengajar yang pensiun itu, tambahnya, terdiri dari 31 orang guru kelas, enam orang guru PJOK dan ditambah tiga orang guru Pendidikan Agama Islam. “Saat ini, total terdapat 64 sekolah dasar negeri yang ada di Kota Batu. Untuk jam mengajar minimal guru, ialah minimal 24 jam pelajaran dan maksimal 40 jam pelajaran selama seminggu. Tentunya, dengan adanya 40 orang guru yang pensiun, juga berkurang tenaga pengajarnya di tingkat sekolah dasar,” ujarnya.

Daud juga menambahkan, sebenarnya tahun 2023 ini, Dinas Pendidikan Kota Batu sudah meluluskan 22 orang guru penggerak. Bahkan, tahun ini ada juga pengangkatan guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) sebanyak 78 orang. Kendati demikian, pengangkatan guru PPPK itu dinilainya tidak terlalu berdampak.

“22 orang guru penggerak itu adalah menjadi syarat naik jenjang ke Kepala Sekolah. Artinya, stok Kepala Sekolah aman. Dan, 78 orang guru PPPK juga sudah diangkat. Namun, ini tidak terlalu berdampak karena yang diangkat itu sebagian besar juga sudah terdata sebagai tenaga pengajar. Sebaliknya, hanya saja statusnya yang meningkat dari GTT ke P3K,” terangnya. (put/sit)

Advertisement
Advertisement
Lewat ke baris perkakas