Kota Malang

Bank Indonesia Cabang Malang Buka Layanan Penukaran Uang Drive Thru

Diterbitkan

-

Bank Indonesia Cabang Malang Buka Layanan Penukaran Uang Drive Thru

Memontum Kota Malang – Bank Indonesia (BI) Cabang Malang, membuka layanan penukaran uang melalui drive thru di Area Parkir Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang (UM), Senin (25/04/2022) tadi.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Malang, Samsun Hadi, menjelaskan ini dilakukan sebagai upaya mitigasi di tengah Pandemi Covid-19 dan kenyamanan masyarakat dalam kebutuhan uang pecahan kecil yang terjamin keasliannya. “Ini kami coba mitigasi melayani masyarakat secara langsung dan mempercepat mobilitas masyarakat agar tidak terlalu berkerumun,” ucap Samsun, Senin (25/04/2022).

Dijelaskannya, pelayanan drive thru tersebut melayani penukaran pecahan uang kecil mulai dari Rp 20 ribu, Rp 10 ribu, Rp 5 ribu, Rp 2 ribu hingga Rp 1 ribu. Untuk batasan penukaran uang di layanan tersebut, maksimal Rp 3,8 juta.

Baca juga:

Advertisement

“Kalau melakukan penukaran yang di Bank, batasannya Rp 3,7 juta bagi setiap orang. Kalau di sini, Rp 3,8 juta karena ada tambahan pecahan seribu. Sedangkan di bank-bank, tidak menyediakan pecahan seribu,” lanjutnya.

Layanan penukaran uang drive thru ini, juga bekerjasama dengan lima layanan perbankan di Kota Malang. Seperti Bank Jatim, BRI, Mandiri, BTN dan Bank Jatim Syariah. Dengan demikian, diperkirakan dapat melayani hingga 300 penukar per hari.

“Untuk mereka yang mau menukar di Bank juga bisa, seperti nasabah biasanya. Jadi tinggal tarik tunai di teller, lalu bilang tukar uang pecahan,” imbuhnya.

Untuk mekanisme penukaran uangnya, dijabarkan bahwa sebelum mendatangi kas keliling, masyarakat harus menyiapkan KTP dan mendaftar melalui aplikasi Pintar di https://pintar.bi.go.id/ selanjutnya pilih menu ‘Penukaran Uang Rupiah Melalui Kas Keliling’ dan tinggal mengikuti petunjuk dalam aplikasi. Setelah mendaftar, penukar dapat mendatangi lokasi drive thru sesuai tanggal yang dipilih dengan membawa KTP asli dan menunjukkan bukti pemesanan kepada petugas.

“Walaupun belum maksimal, setidaknya ini bisa membantu masyarakat yang membutuhkan pecahan uang kecil ya, suoaya terjada keaslian dan keamanannya,” jelasnya.

Advertisement

Sebagai informasi, layanan tersebut dilakukan selama empat hari mulai Senin (25/04/2022) hingga Kamis (28/04/2022) mendatang. Untuk beroperasinya, mulai pukul 10.00 hingga 12.00, secara gratis dan dilakukan dengan berkendara. (cw2/sit)

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas