Wisata

Pantai Menganti Kebumen Jawa Tengah, Pantai Indah dan Jernih Seindah Pantai di Selandia Baru

Diterbitkan

-

Memontum Kebumen – Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, menyimpan keindahan alam yang layak untuk dikunjungi saat berwisata. Wisata alam yang masih terjaga keindahan dan kejernihan air lautnya, menjadi salah satu daya tariknya. Adalah Pantai Menganti yang terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, yang bisa dijujug saat berliburan ke wilayah kabupaten ini.

Untuk menjangkau Pantai Menganti, jarak tempuh yang diperlukan sekitar 40 km dari pusat keramaian Kebumen. Atau, sekitar 1 jam perjalanan untuk menjangkau pantai nan indah ini.

Pantai ini, tentunya sangat eksotis hingga wajib dikunjungi oleh pecinta wisata alam pantai jika datang di Kebumen. Bahkan, karena keindahan dan kemurniannya, pantai ini menempati salah satu pantai terindah di Jawa Tengah. Bahkan, dapat disejajarkan dengan keindahan pantai yang berada di Selandia Baru.

Baca Juga :

Advertisement

Bentang alam berbukitan berupa tebing karst, membuat pantai yang memiliki pasir putih ini semakin menyejukkan mata wisatawan. Kejernihan air lautnya dan pasir putih yang dimiliki, membuat perpaduan yang sangat cantik. Saat langit cerah, air laut terlihat sangat kebiruan. Sehingga, sangat cocok pula untuk diabadikan dalam fotografi.

Pemandangan di atas tebing, juga terlihat menawan dan juga dapat menikmati spot sunrise dan sunset ditambah dengan fasilitas lainnya. Seperti jembatan merah, sangat menarik untuk spot foto.

Pantai ini sendiri, dibuka pada tahun 2011 dengan dimeriahkan oleh Festival Selancar tingkat nasional. Untuk masuk ke pantai ini, wisatawan harus membeli tiket tidaklah mahal untuk ke pantai yang sebagus ini.

Ada menara mercusuar peninggalan Belanda yang dibangun tahun 1915, yang terletak di bukit sisi Selatan. Obyek wisata Pantai Menganti, juga menyediakan camping ground untuk wisatawan yang ingin berkemah.

Di kawasan ini, pun terdapat Goa Menganti di tepi Pantai Menganti di sebelah Barat Daya yang dapat dijangkau oleh wisatawan. Namun saat air pasang, goa ini akan terkena air laut. (gie)

Advertisement
Advertisement

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas