Kabar Desa

Meriahkan Jalan Sehat Kepanjen, Smart Health Kader Kesehatan dan Dinkes Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Diterbitkan

-

PERIKSA: Smart health kader kesehatan saat memberikan pemeriksaan kesehatan gratis di kemeriahan jalan sehat. (pemkab for memontum)

Memontum Malang – Memperingati HUT Kemerdekaan Ke-79 RI, Pemerintah Kelurahan/Kecamatan Kepanjen menggelar pelaksanaan jalan sehat yang berlangsung di Jalan Banurejo, Kelurahan/Kecamatan Kepanjen, Minggu (08/09/2014) tadi. Pelaksanaan yang disambut antusias sejumlah warga itu, juga dihadiri langsung Bupati Malang, HM Sanusi.

Sementara Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang sendiri memanfaatkan momen itu, juga menghadirkan smart health kader kesehatan Kelurahan Kepanjen, untuk memberikan pemeriksaan kesehatan gratis kepada masyarakat. Hadir pula, Koordinator Sub Substansi PTM dan Kesehatan Jiwa (Keswa) Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, Paulus Gatot Kusharyanto dan salah seorang anggota Tim Smart health Universitas Brawijaya (UB).

Dalam sambutan, Bupati Sanusi mengingatkan kepada masyarakat akan arti pentingnya melakukan aktivitas fisik sebagai Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Perilaku kehidupan modern, menurutnya seringkali membuat banyak orang minim melakukan aktivitas fisik. Baik itu aktivitas fisik karena bekerja, maupun berolah raga.

Baca juga :

Advertisement

“Kemudahan dalam kehidupan sehari-hari karena bantuan teknologi dan minimnya waktu karena banyaknya kesibukan, telah menjadikan banyak orang menjalani gaya hidup yang kurang sehat. Oleh karena itu, kegiatan jalan sehat ini sangatlah tepat untuk menjaga kesehatan kita semua dan patut diapresiasi,” kata Bupati Sanusi, seraya memberangkatkan peserta jalan sehat.

Sementara itu, di sela sejumlah peserta melakukan aktivitas jalan sehat, layanan pemeriksaan gratis pun juga mulai sibuk melayani masyarakat. Sedikitnya sebanyak delapan kader kesehatan dan Nakes, saling berbagi tugas dalam melakukan pemeriksaan. Adapun beberapa layanan yang dilakukan, seperti melayani pemeriksaan gratis berupa pengukuran antropometri, pengukuran tekanan darah dan pengecekan kadar gula darah.

Hasil dari pemeriksaan kesehatan gratis itu, tidak kurang sekitar 152 orang atau warga, yang mendapatkan atau melakukan pemeriksaan. Adapun rinciannya, yaitu 43 laki-laki dan 152 perempuan. (hms/sit)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas