Sidoarjo

KPU Sidoarjo Sosialisasi Pemilu Sasar Pemilih Pemula di Smamita

Diterbitkan

-

SOSIALISASI - Komisioner KPU Sidoarjo, M Iskak memberikan sosialisasi Pemilu ke pelajar Smamita Sidoarjo, Kamis (15/11/2018).

Menontum Sidoarjo- Pelajar sebagai pemilih pemula menjadi salah satu sasaran utama sosialisasi untuk meningkatkan partisipasi pemilih Pemilu. Hal ini dilakukan KPU Kabupaten Sidoarjo dengan sosialisasi di SMA Muhammadiyah 1 Taman (Smamita) Sidoarjo, Kamis (15/11/2018).

Pelajar menjadi sasaran strategis KPU untuk sosialisasi karena baru pertama kali memberikan suara dalam Pemilu. Oleh karena itu, perlu diberi arahan untuk memiliki pemahaman terbaik terhadap demokrasi.

Sosialisasi ini disampaikan Komisioner Divisi SDM dan Parmas KPU Sidoarjo, Mohammad Iskak sekaligus memimpin lsosialisasi dalam rangka KPU Goes To School itu.

Sedangkan acara ini dibuka Kepala Smamita, Zainal Arif Fakhrudi. Menurutnya, belajar langsung dengan penyelenggara KPU ini sejalan dengan program sekolah. Jika tahun lalu, siswa Smamita yang langsung datang ke kantor KPU, kini Komisioner KPU yang datang di Smamita.

Advertisement

“Kegiatan ini agenda yang tepat untuk siswa kelas 12. Meski mereka masih separoh lebih yang belum punya e-KTP. KPU Sidoarjo bisa nanti memberi wawasan apa yang harus dilakukan para pemilih pemula,” terangnya kepada kepada Memo X, Kamis (15/11/2018).

Sementara dalam paparannya, M Iskak menguraikan dari total semua 1.394.483 pemilih yang ada di Sidoarjo,7 persen diantaranya pemilih pemula.

Khusus untuk pemilih pemula, KPU berharap menggunakan hak pilihnya, betul-betul memilih dari rekam jejak calon.

“Pemilih tidak terpengaruh dengan janji dan tidak terpengaruh dengan money politik. Siapapun yang melakukan money politik tidak boleh dipilih,” katanya.

Advertisement

Lebih jauh, Iskak menguraikan pemilihan kali ini berbeda dengan pemilhan sebelumnya. Kali ini serentak, mulai DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, DPD RI, dan ditambah Pemilihan Presiden (Pilpres). Selain itu, terkait Daerah Pemilihan (Dapil) di Sidoarjo ada 6 (enam) Dapil.

“Kalau DPD itu satu dapil se Jawa Timur dan ada 28 calon. Tapi yang dibutuhkan Cuma 4 (empat). Di TPS ada 5 surat suara, jangan sampai keliru,” pintahnya.

Sementara terkait kendala yang dihadapi pemilih pemula, KPU Sidoarjo menegaskan sebelumnya tim yang ada dibawah, yakni di tingkat PPS Desa/Kelurahan. Untuk calon pemilih yang ter tanggal 17 April 2019 genap 17 tahun, sudah didata dan sudah masuk pemilih.

“Bagi yang sudah masuk DPT (Daftar Pemilih Tetap) tapi ada juga yang menggunakan KK (Kartu Keluarga),” pungkasnya. Wan/yan

Advertisement
Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas