Kota Batu

Angkat Ekonomi dan Kemandirian, Pemkot Batu Gelar Bisnis Matching Bangga Produk Lokal

Diterbitkan

-

Memontum Kota Batu – Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, berharap produk lokal Kota Batu bisa dikompetitifkan di tingkat nasional bahkan internasional. Harapan itu disampaikan, saat membuka Bisnis Matching Bangga Produk Lokal di Graha Pancasila Balai Kota Among Tani, Kota Batu, Rabu (01/11/2023) tadi.

Hadir pula dalam kegitan ini, Sekda Kota Batu, Bagian Pelayanan Barang dan Jasa, PHRI, 130 pelaku usaha Kota Batu dan media massa. “Bisnis Matching Bangga Produk Lokal ini adalah inisiasi kita bersama. Kegiatan ini juga dalam rangka Hari Jadi Kota Batu ke 22 tahun,” terang Pj Wali Kota Aries.

Menurutnya, Pemkot Batu menggelar kegiatan ini bertujuan untuk mengangkat ekonomi masyarakat di tengah kondisi saat ini, yang begitu cepat perubahannya. Juga, mewujudkan kemandirian ekonomi, baik secara tematik maupun inklusif.

“Bisnis Matching Bangga Produk Lokal ini baru pertama kali dilaksanakan di Kota Batu. Tentunya, kita berharap ada kebanggaan terhadap produk lokal Kota Batu,” tambahnya.

Advertisement

Aries menambahkan, konsep Bisnis Matching Bangga Produk Lokal di tahun 2024, dimaksudkan pula mengundang pelaku ekonomi Kota Batu. Dimana, dipertemukan langsung dengan para pengusaha Jawa Timur dan pengusaha nasional.

“Ke depan, kita ingin mempertemukan pelaku usaha Kota Batu yang memiliki produk lokal Kota Batu dengan pelaku usaha Jawa Timur bahkan nasional. Dimana, produk lokal Kota Batu, bisa kompetitifkan di tingkat regional, nasional maupun internasional,” paparnya.

Baca juga :

Kegiatan Bisnis Matching Bangga Produk Lokal ini, tegasnya, menjadi langkah awal yang baik bisnis matching antara pemerintah sebagai regulasinya untuk menguatkan masyarakat. Sehingga, nantinya tumbuh kembang investasi dimana saja.

Advertisement

“Kita berharap, mengangkat ide kreatif tidak hanya skupnya di Kota Batu. Tapi bagaimana di luar Kota Batu. Apakah kota dan kabupaten lain kita undang untuk mengenal produk lokal Kota Batu dan bahkan bertransaksi langsung,” tegasnya.

Dirinya juga berharap, untuk mengembangkan produk lokal, bukan hanya tugas Pemkot Batu semata. Tetapi, Pemerintah Pusat juga bisa hadir di tengah-tengahnya. Bahkan, sektor pariwisata, ekonomi kreatif harus juga memberikan warna terhadap ekonomi lokal yang dimiliki Kota Batu.

“Ini bukan peran pemerintah saja yang kita tonjolkan. Tetapi peran masyarakat juga. Bagaimana ekonomi mulai tumbuh berjalan meningkat, sehingga bisa terbuka lapangan kerja baru,” ujarnya.

Diketahui, dalam kegiatan Bisnis Matching Bangga Produk Lokal yang digelar Pemkot Batu, ini juga dilaksanakan pelantikan Komite Ekraf (ekonomi kreatif). Di mana, didalamnya berbagai unsur yang terlibat. Antara lain Bagian Perekonomian, Disparta, Diskumdag, Diskominfo, tim kreatif, pelaku usaha dan perwakilan media. (put/gie)

Advertisement
Advertisement
Lewat ke baris perkakas