Kota Malang

Diundang Kedubes RI di Cina, Wali Kota Malang Siap Kenalkan Produk UMKM dan Budaya di Kancah Internasional

Diterbitkan

-

Diundang Kedubes RI di Cina, Wali Kota Malang Siap Kenalkan Produk UMKM dan Budaya di Kancah Internasional
TINJAU: Wali Kota Malang, Sutiaji, bersama Ketua Dekranasda Kota Malang, Widayati Sutiaji, saat melakukan tinjauan UMKM Kota Malang di Gedung Kartini Kota Malang. (ist)

Memontum Kota Malang – Dalam waktu dekat, keinginan Wali Kota Malang, Sutiaji, untuk memperkenalkan produk UMKM Kota Malang, di kancah Internasional bakal terealisasi. Itu karena, Kedutaan Besar RI di Cina, mengundang Wali Kota Malang, Sutiaji, untuk hadir dalam event Indonesia Fair yang diadakan di Kota Beijing, Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Sabtu (10/06/2023) mendatang.

Rencana keberangkatan itu, pun tidak sendiri. Melainkan, akan didampingi Ketua Dekranasda Kota Malang, Widayati Sutiaji, Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang, Eko Sri Yuliadi serta Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang, Suwarjana.

Tentu dalam kesempatan tersebut, selain memperkenalkan produk UMKM Kota Malang, juga akan memperkenalkan budaya dari Indonesia khususnya Kota Malang. Di undang oleh KBRI di Cina, menurutnya menjadi sebuah kehormatan bagi dirinya dan juga masyarakat Kota Malang.

“Tentu kita semua merasa terhormat, atas nama pribadi dan masyarakat Kota Malang, undangan dari KBRI di cina ini. Kita jadikan momentum UMKM Kota Malang go internasional, ini menjadi awalan, kita promosikan, kita kenalkan agar produk Indonesia khususnya Kota Malang bisa diapresiasi di sana. Termasuk juga budaya-budaya yang ada di Kota Malang,” jelas Wali Kota Sutiaji, Kamis (08/06/2023) tadi.

Advertisement

Baca juga:

Dalam kesempatan tersebut, dirinya menyayangkan jika tidak bisa mengajak perwakilan UMKM. Namun, dirinya bersama dengan rombongan tetap membawa beberapa produk-produk UMKM yang akan diperkenalkan dan dipromosikan di event Indonesian Fair itu.

“Memang ini ada yang kurang lengkap, dan sangat menyayangkan kehadiran kami tidak bisa disertai dengan perwakilan UMKM, padahal harapan kami, ada (perwakilan), tapi tetap akan kami maksimalkan karena ini peluang bagi kita semua,” katanya.

Kemudian, mengenai produk yang akan dibawa dan dipromosikan nanti, pihaknya juga sudah menyiapkan dan tentu sudah dilakukan analisa terlebih dahulu. Tentu pihaknya berharap, masyarakat Kota Malang juga mendukung dalam kegiatan tersebut.

“Tentu saya berharap masyarakat Kota Malang mendukung kegiatan ini, terlebih para pelaku UMKM. Tentu ini nantinya akan menjadi kabar baik bagi perkembangan UMKM di Kota Malang dan bisa go internasional,” ujarnya.

Advertisement

Selain itu, pihaknya berharap dengan mempromosikan budaya-budaya Kota Malang di sana, nantinya bisa semakin dikenal oleh wisatawan asing. Sehingga, Kota Malang nantinya bisa menjadi salah satu kota destinasi.

“Goalnya adalah bagaimana nanti Kota Malang juga menjadi destinasi pilihan bagi wisatawan asing, dan Insyaallah apa yang kami paparkan jadi khasanah pengetahuan terkait budaya di Kota Malang,” imbuh Wali Kota Sutiaji.

Sebagai informasi, pihaknya juga telah mendapatkan izin keberangkatan, dari Kementerian Dalam Negeri melalui surat dengan Nomor : 099/1647.e/SJ serta surat dari Gubernur Jawa Timur dengan nomor : 090/21001/011.3/2023. (hms/rsy/sit)

Advertisement
Advertisement
Lewat ke baris perkakas