Jombang

Kuatkan Kesadaran Hukum Sejak Dini, Bagian Hukum Gelar Sosialisasi Libatkan Pelajar dan Guru di Jombang

Diterbitkan

-

Memontum Jombang – Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Jombang menggelar sosialisasi penyuluhan hukum bertema ‘Kuatkan Kesadaran Hukum Sejak Dini, Ciptakan Generasi Unggul Berprestasi’, di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang, Rabu (22/05/2024) tadi. Pelaksanaan yang dibuka Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Jombang, Yaumassifa, didampingi Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang, Dian Yunitasari, diikuti perwakilan peserta didik tingkat SMP Negeri dan swasta se-Kabupaten Jombang serta guru pendamping Bidang Konseling (BK).

Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Jombang, Yaumassifa, mengatakan bahwa kegiatan digelar untuk meningkatkan kesadaran hukum anak-anak sejak dini. Khususnya, pengenalan permasalahan hukum.

“Sehingga, nantinya dapat tercipta budaya hukum dan menambah wawasan anak-anak terkait aturan-aturan hukum yang harus dipatuhi,” katanya.

Ditambahkannya, pengaduan terkait kenakalan anak, akhir-akhir ini marak sekali. Baik itu yang sudah berproses, maupun yang diselesaikan secara kekeluargaan. Diharapkan, dengan adanya kegiatan ini kesadaran hukum pada anak-anak meningkat.

Advertisement

Baca juga :

“Melalui kegiatan ini, semoga dapat menekan angka kasus-kasus permasalahan hukum yang melibat anak-anak. Baik yang bermasalah dengan hukum maupun menjadi korban hukum,” tambahnya.

Ditempat sama, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang, Dian Yunitasari, berharap dengan adanya kegiatan ini diharapkan para peserta dapat menjadi tutor bagi para siswa didik di sekolahnya masing-masing. Sehingga, dapat menambahkan pengetahuan tentang hukum sesuai dengan materi yang didapatkan dalam kegiatan ini

“Selain itu, bapak ibu guru yang mengikuti juga dapat menyampaikan kepada rekan-rekan guru di satuan pendidikan masing-masing, terkait tentang hukum dan psikologi anak. Apalagi, saat ini para peserta didik cenderung lebih dekat ke temannya dari pada kepada orang tua maupun gurunya,” ungkapnya.

Advertisement

Ditambahkannya, bahwa kegiatan ini didokumentasikan dan dishare ke semua sekolah yang ada di Kabupaten Jombang. Yakni, mulai tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP).

“Kebetulan, para peserta didik tingkat Sekolah Dasar (SD) belum terfasilitasi. Sehingga, nanti dokumentasi dan materi ini akan kita share ke seluruh Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Jombang. paparnya. (azl/sit)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Lewat ke baris perkakas