SEKITAR KITA

Makaryo Ning Deso Masaran Trenggalek, Ketua TP PKK Ajak Masyarakat Manfaatkan Medsos untuk Berjualan

Diterbitkan

-

Makaryo Ning Deso Masaran Trenggalek, Ketua TP PKK Ajak Masyarakat Manfaatkan Medsos untuk Berjualan
MAKARYO: Ketua TP PKK Trenggalek saat Makaryo Ning Deso di Desa Masaran, Kecamatan Bendungan. (memontum.com/mil)

Memontum Trenggalek – Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Trenggalek, Novita Hardiny, Makaryo Ning Desa Hebat (Mening Deh) di Desa Masaran, Kecamatan Bendungan, Selasa (28/03/2023) tadi. Selain menyapa warganya, istri bupati ini juga mengajak pelaku UMKM di wilayah tersebut untuk dapat memanfaatkan media sosial (Medsos) sebagai media pemasaran digital guna meningkatkan penjualan secara optimal.

“Jadi, pemasaran sebuah produk ini menjadi sebuah permasalahan yang kerap dijumpai oleh para pelaku UMKM. Masyarakat bisa membuat sebuah produk, namun kadang kala masih kebingungan bagaimana agar dapat menjualnya,” kata Novita.

Untuk itu, terangnya, jika kehadiran metode pemasaran digital bisa menjadi solusi efektif untuk mengatasi permasalahan tersebut. Terlebih, setiap orang pasti memiliki media sosial (medsos). Dengan memanfaatkan medsos ini, tentunya akan mempermudah para pelaku UMKM untuk memasarkan produknya.

Baca juga:

Advertisement

“Misalnya yang punya facebook, jangan hanya dipakai untuk swafoto. Jadi, ayo gunakan Medsos facebook instagram untuk menjual produk kita masing-masing,” imbuhnya.

Dijelaskan Novita, teknologi informasi yang kini hampir menjangkau seluruh lapisan masyarakat, diharapkan olehnya bisa ikut dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan produk umkm secara optimal. Pelaku UMKM bisa memasarkan produknya baik melalui e-commerce maupun media sosial.

“Ayo, sekarang kita belajar memasarkan jualan dari rumah, tapi kita bisa menguasai pasar di Indonesia. Karena kalau kita belajar teknologi, e-commerce sebutannya maka anda semua bisa berjualan ke pasar yang lebih luas dan tidak hanya di Trenggalek saja,” jelas ibu tiga anak ini.

Melalui media sosial, paparnya, pengusaha bisa memantau bagaimana kompetitor melakukan promosi, penjualan, berinteraksi dan lainnya. Media sosial juga bisa memiliki fungsi sebagai branding dan itu merupakan aktivitas pencitraan yang dilakukan agar sebuah merek terlihat berbeda dari merek lain.

“Selain itu, Medsos menjadi cara promosi paling mudah dan murah, karena bisa hanya bermodalkan dengan internet dan kemampuan marketing yang baik. Bahkan, pengusaha tidak perlu repot-repot membuat brosur untuk melakukan promosi. Medsos juga bisa menjangkau calon konsumen yang jauh lebih luas dan juga cepat,” ujarnya.

Advertisement

Masih menurut Novita, meningkatkan penjualan dengan promosi melalui Medsos, secara viral juga bisa langsung dilihat konsumen. Tentunya akan lebih memudahkan para pelaku UMKM dalam menarik konsumen baru.

“Harapannya dengan promosi produk melalui media sosial dengan suatu usaha yang konsisten akan mampu meningkatkan penjualan produk. Selain itu pangsa pasar yang begitu luas pun akan berhasil diraih jika pelaku UMKM terus meningkatkan kualitasnya. Jadi promosi melalui media sosial tidak hanya akan menggaet konsumen lokal, namun juga bisa menggaet konsumen luar negeri,” papar Novita. (mil/sit)

Advertisement

Terpopuler

Harap izinkan iklan di situs kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokir iklan. Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda.

Refresh Page
x
Lewat ke baris perkakas