Wisata

Wisata Goa Ngerong Tuban Simpan sejumlah Kepercayaan

Diterbitkan

-

Memontum Tuban – Datang ke Kabupaten Tuban, jangan lupa singgah dan menikmati wisata di Goa Ngerong. Di destinasi wisata alam ini, wisatawan bakal menemukan sensasi yang luar biasa berenang sambil memberi makan ribuan ikan Tawes ‘keramat’.

Goa Ngerong sendiri, ini berada di Desa Rengel, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban. Sementara keberadaan ribuan ikan di destinasi ini, seolah seperti sudah akrab dengan manusia. Ikan-ikan ini sama sekali tidak takut saat bersentuhan dengan wisatawan di sungai yang berada di area wisata Goa Ngerong.

Tentunya, ikan-ikan ini dapat tumbuh dan berkembang pesat tanpa takut ada yang menangkap. Ikan ini dipercaya oleh masyarakat sebagai ikan keramat. Oleh karena itu, meski ikan di Goa Ngerong melimpah, masyarakat tidak berani mengambil ikan-ikan tersebut.

Baca juga:

Advertisement

Para pengunjung yang masuk ke dalam goa tersebut, akan dibuat takjub dengan ribuan kelelawar yang menggantung di dinding-dinding goa. Para pengunjung bisa menikmati keeksotisan Goa Ngerong, sambil memberi makan ikan-ikan tersebut. Banyak pedagang di dalam goa yang menjual makanan ikan seperti roti, kacang, hingga biji kapas.

Tentunya ini adalah daya tarik wisata alam yang eksotis dan menajubkan. Sangat populer di wilayah Tuban dan sekitarnya.

Untuk bisa masuk dan menikmati wisata Goa Ngerong, juga cukup membayar dengan harga tiket yang murah meriah. Jika beruntung, pengunjung bisa melihat kura-kura hitam berukuran besar berada di area bawah goa. Sebab, tidak setiap saat kura-kura tersebut menampakkan diri kepada pengunjung.

Para pengunjung percaya, kalau sumber mata air dari Goa Ngerong punya tuah dan diyakini mampu merangsang usaha, jodoh atau hal lainnya yang berkaitan dengan kepentingan duniawi. Oleh karena itu, Goa Ngerong selalu ramai dengan wisatawan yang berkunjung.

Advertisement

Cerita seputar Goa Ngerong di mulai dari bagian cikal bakal terbentuknya Kadipaten Tuban di masa kerajaan dulu, kepahlawanan tokoh Kembangjoyo yang sakti mandraguna hingga cerita tentang kecantikan putri Ngerong yang elok rupawan yang bertapa di Goa Ngerong. (gie)

Advertisement
Lewat ke baris perkakas