Wisata

Pulau Oksigen Sumenep Tawarkan Keindahan dan Udara Segar yang Sulit Ditemukan

Diterbitkan

-

Memontum Sumenep – Madura memiliki destinasi wisata yang sangat populer dan menarik untuk dikunjungi saat liburan. Salah satunya, adalah tentu Pantai Gili Iyang atau yang lebih dikenal pula dengan sebutan Pulau Oksigen.

Secara administratif, pulau kecil ini masuk wilayah Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep, atau berjarak sekitar 4,7 kilometer (2,94 mil laut) dari daratan Madura. Untuk menuju pulau ini, wisatan bisa menyeberang dari Pelabuhan Dungkek yang berjarak 28 kilometer dari pusat Kota Sumenep dengan waktu tempuh sekitar 1 jam berkendara.

Dari Pelabuhan Dungkek, bisa naik taksi laut, perahu kayu bermesin, menuju Gili Iyang. Lama penyeberangan sekitar 30 hingga 40 menit tergantung situasi cuaca. Kemudian, menempuh perjalanan laut sekitar 9 kilometer.

Secara keseluruhan, pulau ini sendiri mungkin hanya sekitar 13 kilometer, dengan luas sekitar 9-10 kilometer persegi. Keindahannya sangat menawan berpadu dengan kesegaran udara yang alami.

Advertisement

Dikutip dari Indonesia.go.id, Air Quality Index (AQI) di Gili Iyang hanya berada satu tingkat di bawah kadar oksigen di Laut Mati di Jordania. Pencatatan menggunakan aplikasi ‘Air Visual’, yang bisa mencatat kualitas udara suatu daerah. Jadi bisa dikatakan bahwa Pulau Gili Iyang sebagai tempat dengan oksigen terbaik kedua di dunia, setelah Laut Mati, Jordania.

Baca juga :

Digadang-gadang sebagai pulau dengan kadar oksigen terbaik di Indonesia, kadar oksigen di Gili Iyang adalah sebesar 20,9 persen. Bisa diambil kesimpulan bahwa dalam setiap volume 1 liter udara bebas, terkandung 0,209 liter oksigen.

Atau oksigen di sini adalah sebesar sekitar 20 persen dari total kandungan udara bebas. Angka 20,9 persen tersebut diperoleh Lembaga Penelitian Antariksa Nasional (Lapan) pada tahun 2006. Bahkan dikatakan oleh Lapan, pulau ini termasuk ke dalam daftar terbersih sekaligus terbaik di dunia.

Advertisement

Saat tiba di Gili Iyang, kamu bisa berkunjung ke lokasi ‘Titik Oksigen’. Satu lokasi terbaik untuk menghirup dan menikmati okaigen terbaik di pulau. Titik Oksigen ditandai dengan plang bertuliskan ‘Titik Oksigen’. Areanya hanya seluas sekitar 200 meter persegi dan dibatasi oleh pagar bambu di sekeliling.

Kecantikan Gili Iyang sangat cocok untuk dikunjungi. Banyak spot-spot menarik yang bisa diabadikan dengan fotografi. Keindahan pasirnya berpadu dengan kejernihan air laut hingga terlihat kebiruan. (gie)

Advertisement
Lewat ke baris perkakas