Berita Nasional

Moeldoko Dorong Renumerasi dan ULP Prajurit TNI

Diterbitkan

-

Moeldoko Dorong Renumerasi dan ULP Prajurit TNI
KUNJUNGI: Kepala Staf Kepresidenan menemui prajurit TNI Angkatan Darat di Kesatrian Yonif Raider 700/Wira Yudha Cakti, Kodam XIV/Hasanuddin. (ist)

Memontum Makassar – Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko, memastikan akan mendorong kenaikan tunjangan kinerja (Renumerasi) dan Uang Lauk Pauk (ULP) bagi prajurit TNI. Dirinya menyampaikan itu, saat bertemu prajurit TNI AD di Kesatrian Yonif Raider 700/Wira Yudha Cakti, Kodam XIV/Hasanuddin, Makassar, Kamis (01/06/2023) tadi.

Pada pertemuan tersebut, Moeldoko yang didampingi Deputi II KSP, Abtenego Tarigan dan Tenaga Ahli Utama KSP, Brigjen TNI (Purn) Noch Tiranduk Mallisa, menerima laporan terkait kesejahteraan prajurit TNI. Dimana, sejak 1 Januari 2018 masih belum ada kenaikan tunjangan Renumerasi dan ULP. Padahal, saat ini harga-harga kebutuhan pokok naik.

Dari laporan yang didisampaikan, saat ini kesejahteraan tunjangan kinerja prajurit TNI sebesar 75 persen. Prajurit dengan pangkat terendah mendapat tunjangan kinerja sebesar Rp 2.089.000, dengan gaji sebesar Rp 1.680.000. Sedangkan ULP yang diterima Rp 60.000 per hari.

Menanggapi hal ini, Moeldoko, menegaskan bahwa Presiden Joko Widodo memiliki komitmen kuat terhadap peningkatan kesejahteraan prajurit TNI. “Mengapa? Karena negara betul betul memerlukan kalian untuk menjaga keutuhan NKRI. Saya akan dorong ke kementrian dan lembaga termasuk ke Presiden,” tegasnya.

Advertisement

Baca juga :

Pada arahannya, Moeldoko mewanti-wanti agar prajurit tetap netral pada Pemilu 2024 dan mampu menjaga demokrasi dengan baik. Dirinya mengakui, ruang TNI tidak luas dalam menjaga demokrasi. Sebab, di sisi lain anggota TNI juga berkewajiban menjaga stabilitas.

“Kita harus bisa menyeimbangkan stabilitas dan demokrasi untuk bisa tetap tumbuh dengan baik. Jadi siapkan diri kalian untuk menjalankan tugas sebaik-baiknya,” kata Panglima TNI 2013-2015 ini.

Sebagai nformasi, Kesatrian Yonif Raider 700/Wira Yudha Cakti, Kodam XIV/Hasanuddin, Makassar, merupakan tempat pertama kali Moeldoko ditugaskan setelah lulus dari Akademi Militer pada 1981. Di markas pasukan elit Infanteri Raider TNI AD itu, Moeldoko memulai kepangkatan dari Letnan Dua hingga Kapten.

Advertisement

“Di sini saya banyak belajar dari komandan-komandan saya tentang kepemimpinan. Di sini juga saya menggambar garis hidup saya,” kenangnya.

Pada kunjungannya, Moeldoko menyempatkan diri menengok rumah dinas yang dulu ditinggalinya. “Kayu kusennya kayaknya masih sama,” kata Moeldoko sambil tertawa. (hms/ksp/gie)

Advertisement
Lewat ke baris perkakas