Connect with us

Kota Malang

Pemkot Malang Lakukan Grand Opening Mall Pelayanan Publik Merdeka

Diterbitkan

||

Pemkot Malang Lakukan Grand Opening Mall Pelayanan Publik Merdeka

Memontum Kota Malang – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melalui Dinas Tenaga Kerja, Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Disnaker PMPTSP), melakukan Grand Opening Mal Pelayanan Publik (MPP) Merdeka di Mal Alun-Alun Malang, Senin (05/12/2022) siang.

Grand Opening tersebut dilangsungkan secara daring dan luring, bersama dengan Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin di Istana Wapres, yang diikuti oleh 26 Kota dan Kabupaten di seluruh Indonesia.

Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko, menyampaikan jika dibukanya MPP Merdeka tersebut, merupakan energi baru untuk berkomitmen dalam menyediakan pemanfaatan dan pengembangan dalam pelaksanaan pembangunan yang berkelanjutan, khususnya bagi warga Kota Malang.

“Grand opening ini keharusan untuk lebih mengenalkan MPP ke masyarakat, khususnya di Kota Malang. Insyaallah kedepan terus diperbaiki dan disempurnakan,” kata Bung Edi-sapaan akrabnya dalam sambutan.

Selain itu, MPP sendiri menurutnya sebagai One Stop Service, dimana satu titik yang terhubung dan terintegrasi dengan layanan lainnya di tempat yang sama. Sehingga, hari demi hari itu harus ditingkatkan kualitas layanannya.

Baca juga:

“Ini untuk meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat. Kalaupun ada kekurangan itu harus diperbaiki dan dilaksanakan secara transparan. Sehingga semua mudah dijangkau, dan bisa mempermudah layanan masyarakat,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan, jika MPP nanti juga akan dikolaborasikan bersama dengan Kota Batu dan Kabupaten Malang. Karena, menurutnya hal tersebut akan mempermudah masyarakat yang berada di wilayah Kota Malang.

“Kabupaten Malang dan Kota Batu juga bisa bersinergi dalam rangka meningkatkan kualitas layanan publik. Sehingga aktivitasnya bisa menjadi satu warga malang. Seperti, kantor pajak yang berkantor di Singosari, bisa diberikan tempat layanan untuk kantor pajak, begitu dengan Kota Batu,” tuturnya.

Ke depan dirinya berharap, agar semakin banyak masyarakat yang mengetahui keberadaan MPP Merdeka tersebut, dan akan terus ditingkatkan. Sehingga, masyarakat bisa lebih puas dengan pelayanan yang diberikan oleh Kota Malang.

“Semoga ini ke depan akan semakin diketahui oleh masyarakat Kota Malang. Ini juga harus terus dikuatkan, supaya masyarakat mengetahui dan sosialiasi ini juga lebih digiatkan,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang, Erik Setyo Santoso, menyampaikan jika dalam Grand Opening tersebut ada 17 tenant yang tersedia, dengan 197 layanan yang disediakan. Tentu itu dilakukan guna untuk memberikan pelayanan dan kemudahan pada masyarakat Kota Malang.

“Sebelum dilakukan Grand Opening kami sudah memiliki 14 tenant, dan 180 layanan. Kemudian ini bertambah tiga tenant, jadi total 17 tenant dan 197 layanan. Semoga ini terus bisa bertambah dan memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat Kota Malang,” ujar Erik.

Sebagai informasi, 17 tenant itu terdiri dari, Kantor Imigrasi dengan 2 layanan, KPP Pratama Utara dengan 2 layanan, KPP Pratama Selatan dengan 2 layanan, BPJS Kesehatan 2 layanan, BPJS Ketenagakerjaan 3 layanan, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk Cabang Malang dengan 11 layanan, UPT Pengelolaan Pendapatan Daerah (samsat) dengan 1 layanan, Dinas Ketenaga Kerja, Penanaman Modal, dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dengan 129 layanan, Dinas Tenaga Kerja, Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu membuka kayanan OSS (pendampingan pelaku usaha), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan 6 layanan, Badan Pendapatan Daerah dengan 7 layanan, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Pojok Baca), Perumda Tugu Tirta Kota Malang dengan 2 layanan, PT BPR Tugu Artha Sejahtera (Persero) dengan 3 layanan, Dinas Pemuda, Olah Raga dan Pariwisata (Co Working Space), Polresta Malang Kota dan Kantor Bea Cukai Malang.

Dalam kegiatan Grand Opening tersebut, Wawali, Bung Edi bersama dengan Ketua DPRD Kota Malang, I Made Riandiana Kartika, serta jajaran Kepala Dinas Kota Malang juga melakukan peninjauan ke beberapa tenant yang ada di dalam MPP Merdek tersebut. (rsy/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *