Berita

Polsek Sumberbaru Bersama Warga Bersihkan Material Longsor

Diterbitkan

-

Kapolsek Sumberbaru AKP Subagiyo (berdiri memekai topi memegang selang air) bersama anggotanya serta warga membersihkan material lonsoran. (bud)
Kapolsek Sumberbaru AKP Subagiyo (berdiri memekai topi memegang selang air) bersama anggotanya serta warga membersihkan material lonsoran. (bud)

Jember, memontum – Kapolsek Sumberbaru AKP Subagiyo bersama beberapa petugas, turun langsung di lokasi longsor yang jadi minggu petang sekitar pukul 17.30, yang berada di dusun Tampingan RT3 RW15 di Desa Gelang, Kecamatan Sumberbaru, berbaur dengan warga bahu membahu bekerja sama membersihkan material longsor berupa tanah bercampur batu dan juga batang pohon serta bambu yang menutup akses jalan desa, Senin (2/3/2020) pagi.

Subagiyo menyampaikan, longsoran tebing dengan ketinggian 3 m dan lebar 5 m terjadi sekitar pukul 15.00 sore, akibatnya material longsoran menutup jalan desa, sehingga warga desa harus memutar dengan jarak yang cukup jauh, itupun hanya roda dua yang bisa lewat sedangkan untuk roda 4 tidak bisa.

“Karena jalan itu yang menjadi jalur utama masyarakat desa setempat, oleh karena itu kami bersama masyarakat bergotong royong material longsoran, khususnya di jalan yang mengarah ke PDP Sumberpandan, ” ujarnya.

Subagiyo menghimbau kepada warga setempat, dengan adanya cuaca yang cukup extrim saat ini yang di sertai dengan angin, agar untuk extra hati – hati dan apabila di temukan rembesan air atau longsoran baru, sesegera mungkin untuk pindah ke tempat yang aman, guna menghindari jatuhnya korban.

Advertisement

“Diketahui di Desa gelang ini sudah ada atau sudah di bentuk tim Destana (desa tanggap bencana), harapan kami, dengan dibentuknya Destana ini dapat sedini mungkin menditeksi adanya lonsor, sehingga dengan begitu bisa meminimalisir terjadinya korban jiwa khususnya di desa gelang ini akibat terjadi longsor, ” ungkapnya.

Sementara itu kepala Dusun Tampingan Nurhalim mengaku senang dan menyampaikan terima kasih kepada pihak kepolisian khususnya Polsek Sumberbaru yang dengan cepat merespon laporan warga dan membantu bersama warga mebersihkan material lonsor dan untuk kejadian longsor di desanya. Dia berharap agar pemerintah cepat memberikan bantuan untuk membenahi tebing – tebing yang rawan terjadi longsor. (bud/yud/oso)

 

Advertisement
Advertisement
Lewat ke baris perkakas