Connect with us

Kota Malang

Tingkatkan Kepekaan Sensoris, Mahasiswa UMM Lakukan Pengabdian Masyarakat untuk Kepekaan Sensoris Anak

Diterbitkan

||

Tingkatkan Kepekaan Sensoris, Mahasiswa UMM Lakukan Pengabdian Masyarakat untuk Kepekaan Sensoris Anak

Memontum Kota Malang – Lima mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) masing-masing Fadlul Syahidur Rahman, Aliyatul Himamiyah, Salsabilla Irbah Zahwa Ramadhani, Anisa Qurrotun Nada dan Nandi Putri bersama dosen pendamping lapangan Dr Ir Aniek Iriany MP, melakukan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) dengan tema ‘Bhaktimu Negeri’, Rabu (21/09/2022) tadi. Kegiatan yang digelar oleh Kelompok 95 Gelombang 7 tersebut, dilaksanakan di Yayasan Yatim Piatu Attawwaabiin, Jalan Mega Mendung, Pisang Candi, Kecamatan Sukun, Kota Malang.

Program utama dalam kegiatan ini, yakni mengajak anak-anak di yayasan tersebut untuk membuat kreasi dari origami dan membuat Mading yang bertema luar angkasa, guna meningkatkan kepekaan sensoris dan minat belajar anak. “Dengan adanya program ini, kami bisa melihat berbagai macam perbedaan kondisi sensoris anak seperti mulai dari penglihatan, pendengaran, somatik (sentuhan) dan rasa,” kata dosen pendamping.

Baca juga :

Kegiatan ini, tambahnya, ditujukan kepada anak tingkat Taman Kanak-kanak hingga tingkat Sekolah Dasar di yayasan tersebut. Dari kegiatan yang dilakukan dengan cara mengajak anak-anak yayasan untuk ikut serta dalam pembuatan kreasi origami berbentuk bintang dan menghias Mading, diharapkan dapat menyimpulkan bahwa terdapat beberapa anak yang dapat menangkap instruksi dari kami dengan kecepatan yang berbeda.

“Pada Mading yang bertema luar angkasa ini, kami memberikan sedikit pengetahuan berupa penjelasan beberapa planet dan salah satu tokoh astronot muslim serta beberapa pantun, puisi dan juga komik pendek, agar tidak terkesan membosankan. Pada kreasi origami berbentuk bintang, kami menginstruksikan kepada anak-anak untuk menuliskan cita-cita mereka sebelum dijadikan bentuk bintang sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar mereka,” tambahnya.

Dirinya berharap, dengan kegiatan PMM ini, maka mahasiswa bisa mengaplikasikan hilirisasi hasil penelitian Universitas Muhammadiyah Malang. (nov/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.