Lamongan

1123 Surat Suara Pilgub Jatim 2018 Ditemukan Rusak di Lamongan

Diterbitkan

-

Proses penyortiran surat suara Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim 2018 oleh KPU Lamongan dengan melibatkan 80 tenaga

Memontum Lamongan—–Proses penyortiran surat suara Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim 2018 telah selesai dilaksanakan oleh Komisi pemilihan umum (KPU) Kabupaten Lamongan. Dari hasil penyortiran surat suara yang dilakukan sejak Sabtu (26/5/2018) hingga Selasa (29/5/2018) kemarin, terdapat seribuan surat suara yang mengalami kerusakan.

“Dari hasil sortir itu ditemukan surat suara rusak 1.123,” kata Komisioner KPU Kabupaten Lamongan, Divisi Keuangan, Umum dan Logistik, Dewi Maslahatul Ummah, Minggu (3/6/2018).

Diterangkannya, kerusakan surat suara Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim 2018 ini dikarenakan bermacam-macam. “Jadi ada yang robek, ada yang tidak simetris potongannya, ada yang kena bercak tinta, ada yang nggak ada gambarnya, ada yang gambarnya kebalik, dll,” ucap Dewi yang menyebut verifikasi surat suara tersebut dilakukan agar waktu pencoblosan tidak ada masalah.

Tak hanya itu, Dewi membeberkan dalam penyortiran surat suara ini melibatkan 80 tenaga. bahkan selain ditemukan kerusakan, Dewi juga mengungkapkan KPU juga menemukan menemukan box yang isinya kurang dari 2000. “Ada yang kurang 100, ada yang kurang macam-macam. Total kekurangan isi box itu 785,” ungkapnya.

Advertisement

Untuk di ketahui, KPU Kabupaten Lamongan mendapat kiriman 533 box surat suara, dengan rincian per box berisi 2000 surat suara dan ditambah satu box berisi 954 surat suara. “Kebutuhan surat suara Lamongan 1.066.954,” tuturnya.

Dengan penyortiran yang telah selesai ini,  sambung Dewi KPU Lamongan sudah merekapitulasinya dan selanjutnya untuk dilaporkan dan diserahkan ke KPU Provinsi Jatim. “Sehingga kekurangan yang dimintakan nanti ke provinsi sebagai pengganti adalah sejumlah 1.906,” ujarnya.

Dan, tambah Dewi untuk selanjutnya, KPU Lamongan akan menunggu proses pengadaan selanjutnya dari provinsi untuk kekurangan surat suara dan perbaikan surat duara  yang rusak. “Kemudian nanti kami rencanakan proses seting dan packing itu setelah lebaran, jadi nanti H-5 itu semuanya sudah ada di PPK, H-3 sudah di PPS, dan H-1 sudah siap semuanya di TPS,” terang Dewi yang mengatakan KPU Lamongan juga telah meluncurkan bilik dan kotak suara ke tingkat PPK pada, Jumat (1/6/2018). (ifa/zen/yan)

Advertisement
Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas