Situbondo

2300 Penghobi Onthel Gobar Amal HUT Satpol PP ke-68

Diterbitkan

-

GOWES: Bupati H.Dadang Wigiarto SH melepas peserta Gobar Amal di depan Kantor Pemkab, kemarin (im)

Memontum Situbondo—- Gowes bareng (Gobar) Amal Offroad dan Onroad dalam rangka HUT Satpol PP ke-68 dan HUT Satuan Perlindungan Masyarakat ke-56 diikuti 2.300 penghobi sepeda onthel, kemarin (08/04/2018). Mereka datang dari berbagai daerah di Jawa Timur.

Pantauan Memontum.com, ribuan peserta Gobar Amal dilepas oleh Bupati Situbondo, H.Dadang Wigiarto di depan kantor bupati. Kepada sejumlah wartawan, H.Dadang mengatakan, dengan kegiatan tersebut, diharapkan mendekatkan satpol PP dengan masyarakat.

Kata dia, Satpol PP sebagai aparatur penegak ketertiban di tengah-tengah masyarakat, bisa menjalankan tugas-tugasnya dengan baik. Sehingga penegakan perda dilakukan dengan optimal. “Misalnya, bisa melakukan pendekatan yang bersifat humanis,” ujar Bupati.

Bupati H Dadang menambahkan, dengan kegiatan gowes itu, akan mempererat tali silaturrahim satpol PP dengan berbagai lintas organisasi dan elemen masyarakat. Ini jelas akan membuat jaringan Satpol PP semakin kuat.

Advertisement

“Sehingga ketika menegakkan perda di tengah-tengah masyarakat, pola pendekatan yang dilakukan menjadi jauh lebih mudah,” tambah orang nomor satu di lingkungan pemkab Situbondo itu.

Di luar itu, kegiatan gowes bersama akan memberikan ruang yang cukup bagi penghobi sepeda onthel dalam mengekspresikan kegemarannya. Karena itulah, perlu ada ruang yang cukup bagi mereka.

Apalagi saat ini Situbondo sedang mempersiapkan dirinya menjadi daerah kunjungan wisata. Menurut H.Dadang, kegiatan yang berkaitan dengan hal-hal yang akan mengenalkan Situbondo ke dunia luar perlu terus digalakkan.

Dikatakan Bupati H.Dadang, sebenarya bukan hanya gowes yang perlu digalakan. Akan tetapi perlu juga dimunculkan kegiatan-kegiatan yang bisa menunjang tumbuh kembangnya sektor pariwisata.

Advertisement

“Harapan saya, tumbuh kembangnya kegiatan-kegiatan masyarakat, baik itu seni, budaya, dan olahraga, akan memunculkan potensi membangkitkan daerah pariwisata di Situbondo,” pungkas H.Dadang.

Sementara Kasatpol PP Pemkab Situbondo Masyhari,SH menambahkan, Gobar Amal diikuti oleh para penghobi gowes di beberapa daerah di Jatim. Diantaranya, Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, dan Banyuwangi.

“Alhamdulillah, kegaiatannya berjalan lancar,” ujarnya. Masyhari mengaku, kegiatan tersebut bertajuk amal. Sebab, hasil penjualan kupon akan disalurkan kepada masyarakat miskin.

“Ini murni untuk kegiatan sosial. Tidak diambil panitia sedikitpun,” katanya.

Advertisement

Sementara itu, rute gowes melewati jalan tembus di Desa Sumberkolak, Kecamatan Panarukan, hingga jalan raya Desa Kotakan, Kecamatan Kota, dan menuju arah utara. Ribuan peserta melewati Jalan Argopuro, belok ke Jalan Pemuda, Jalan Merak, dan finish kembali di garis start.

Pelaksana menyediakan beberapa hadiah menarik dengan hadiah utama sepeda motor. Doorprize lainnya, sepeda gunung, kulkas, kipas angin, televisi dan lain sebagainya. (im/nay)

Advertisement
Lewat ke baris perkakas