Berita

Tradisi Penerimaan Warga Baru Bataliyon Infanteri Raider 515 Ugra Tapayudha Tanggul

Diterbitkan

-

Long march yang dilakukan warga baru Bataliyon Infanteri Raider 515 Ugra Tapayudha Tanggul. (bud)
Long march yang dilakukan warga baru Bataliyon Infanteri Raider 515 Ugra Tapayudha Tanggul. (bud)

Memontum Jember – Sejumlah 96 prajurit yang terdiri dari 3 Perwira 10 Bintara dan 83 Tamtama mengikuti Tradisi penerimaan warga baru di Batalyon Infanteri Raider 515 Ugra Tapa Yudha Tanggul Jember, dengan melakukan long march sejauh 15 km.

Long march dimulai dari lapangan Tegal Wangi Kecamatan Umbulsari dan finish di mako Yonif 515 tanggul selain itu sebelumnya dilakukan pembekalan, dan pengenalan terhadap warga baru yang tergabung pada kesatuan batalyon ini.

Sontak kegiatan itu menjadi perhatian warga yang melintas di jalan atau warga yang kebetulan rumahnya di sekitar jalur yang sudah ditentukan, bahkan ketika para prajurit itu harus mencebur ke sungai menjadi tontonan menarik bagi warga sekitar.

Sesampai di mako Yonif 515 Tanggul dan setelah upacara seremonial penerimaan warga baru, dilakukan pemberian minum air kelapa hijau dan siraman air kembang.

Advertisement

Komandan Batalyon Infanteri Raider 515 Ugratapa Yudha Tanggul, Mayor Infanteri Toni Oki Priyono mengatakan bahwa kegiatan yang dimulai dari siang hingga malam hari ini di Yonif Raider 515 merupakan acara tradisi masuk satuan yang dilestarikan sejak dahulu.

“Ini merupakan kegiatan rutin yang menurut saya perlu acara rutin ini di selenggarakan dalam rangka untuk menerima prajurit yang baru masuk satuan di batalyon 515,” katanya.

Komandan Batalyon yang kerap disapa Toni itu menerangkan bahwa pada kegiatan tersebut bertujuan untuk menanamkan nilai – nilai sejarah kesatuan kepada prajurir yang akan masuk ke kesatuan, kedua untuk memberikan gambaran tentang situasi tanggul sebagai tempat adanya yonif 515.

“Selanjutnya salah satu cara untuk memupuk semangat patriotisme dan kebersamaan antara prajurit baru sebagai junior dan juga dengan senior seiornya yang sudah lama,” terang Toni.
Dan Yon berharap kepada anggota khususnya prajurit baru supaya bisa meneladani para pendahulu dan para senior yang telah berjuang untuk menegakkan NKRI dan juga kejayaan satuan Yonif 515.

Advertisement

“Mudah mudahan mereka bisa menjadi prajurit yang dapat di andalkan oleh satuan maupun bangsa dan negara,” harapnya.

Sementara itu salah satu warga baru, dari perwira Letda Inf Angga Nugraha mengaku sangat senang mengikuti kegiatan tradisi penerimaan itu, karena dapat mengetahui sejarah dari Yonif 515 mulai dari kecamatan Bangsalsari sampai dengan kecamatan Tanggul.

“Kami berharap teman teman warga baru dan teman yang lain tetap semangat dalam mengabdi pada batalyon,” pungkas Pria kelahiran Bekasi ini. (bud/yud/oso)

 

Advertisement
Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas