Pemerintahan

Bupati Ajak PPLS Berkontribusi Meningkatkan PAD

Diterbitkan

-

Forkopimda Situbondo selesai memberi pengarahan diakhiri foto bersama Persatuan Penambang Legal Situbondo (PPLS) di Gedung Graha Wiyata Praja Aula Lantai 2 Pemkab Situbondo. (her/im)

Memontum Situbondo – Bupati Situbondo, H Dadang Wigiarto SH bersama Forkopimda memberikan pengarahan dan mengajak kepada Persatuan Penambang Legal Situbondo (PPLS) supaya berkontribusi untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), di Gedung Graha Wiyata Praja Aula Lantai 2 Pemkab Situbondo, Jawa Timur, Kamis (27/08/2020).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh jajaran Forkopimda Situbondo beserta jajarannya dan Ketua PPLS beserta anggotanya.

Bupati Situbondo, H Dadang Wigiarto SH menjelaskan, adanya wadah PPLS adalah perkembangan yang menarik, karena selama ini para penambang – penambang liar yang tidak berizin sangat berdampak pada lingkungan, sosial dan mengakibatkan kerugian pemerintah daerah yang berkaitan dengan potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) menjadi berkurang.

“Peran para penambang yang membuat lembaga organisasi Persatuan Penambang Legal Situbondo (PPLS) ini menunjukkan tingkat kesadaran bagi para penambang sudah membaik,” jelasnya.

Advertisement

Bupati menambahkan, jika Kabupaten Situbondo tidak siap, bisa saja diambil oleh penambang – penambang dari luar kota yang legal. “Padahal ketika ada kegiatan penambangan berjalan di Kabupaten Situbondo dampak karambolnya sangat banyak, yaitu tersedianya angkutan, tenaga kerja, banyak orang berdagang yang pastinya membawa dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi,” tegas Bupati H Dadang Wigiarto SH.

Sementara itu, Ketua Persatuan Penambang Legal Situbondo (PPLS), Heru Setiawan menyampaikan, anggota PPLS sementara sampai saat ini ada 13 penambang yang tergabung dan akan ada lagi susulan penambahan anggota, karena yang belum tergabung masih dalam tingkat eksplorasi dan masih dalam proses.

“Harapan terbentuknya PPLS, agar bisa menyamakan persepsi dan sementara selama ini masih belum ada wadah untuk menyatukan aspirasi, tentunya nanti terkait mengenai harga, pembagian proyek – proyek nasional, kita sampaikan sesuai dengan tupoksinya kepada penambang – penambang. Sehingga tidak ada rasa kecemburuan sosial, saling menjegal satu sama lain untuk menciptakan transparansi,” pungkasnya.

Sementara Kapolres dan Kajari Situbondo menyampaikan, di Kabupaten Situbondo jangan sampai ada penambangan- penambangan ilegal. “Jika masih ada penambangan ilegal, maka kami secara bertahap akan menindak tegas dan melakukan penertiban. Apabila sudah selesai pengurusan perijinannya dan menyebut dirinya penambang legal. Maka harapannya cara bertindaknya juga sesuai dengan legalitasnya,” tegasnya. (her/im/mzm)

Advertisement

 

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas