SEKITAR KITA

Pandemi Covid-19 Turunkan Kasus Kebakaran

Diterbitkan

-

PMK sedang berupaya memadamkan api.
PMK sedang berupaya memadamkan api.

Memontum Kota Malang – Kejadian kebakaran di Kota Malang Tahun 2020, mengalami penurunan cukup signifikan. Hal tersebut, disampaikan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Malang, Jumat (23/10) siang, kepada memontum.com.

Kepala UPT Damkar Kota Malang, Teguh Budi Wibowo, menyampaikan bahwa berdasarkan data yang dimiliki hingga akhir September 2020, tercatat ada 47 kasus kebakaran yang terjadi di Kota Malang. Sedangkan, pada bulan sama yakni September Tahun 2019, tercatat sekitar 90 kasus atau sekitar dua kali lipatnya.

“Alhamdulillah, pandemi ini di satu sisi juga berdampak pada menurunnya tingkat kebakaran,” ujar Teguh.

Menurunkan angka kebakaran, ungkap Teguh, dimungkinkan karena banyaknya himbauan pelarangan keluar rumah, selama masa pandemi. Sehingga, banyak masyarakat yang beraktifitas di dalam rumah. Sehingga, siaga ketika terjadi apa-apa.

Advertisement

“Ada yang work from home atau libur sementara dari pihak kantornya. Itu membuat mereka lebih peka terhadap kondisi rumah. Seperti kompor, listrik dan lain-lain. Jadi, sebelum api membesar, sudah bisa teratasi atau diantisipasi sendiri,” jelasnya.

Ditambahkan, dari sejumlah kasus kebakaran, rata-rata didominasi karena konsleting listrik. Hal itu, disebabkan karena adanya masyarakat yang tidak menggunakan standart pemasangan listrik PLN dengan benar.

Pemasangan kabel dan steker harus sesuai dengan standart yang dianjurkan PLN. Itu bisa membuat konsleting listrik, karena kekuatan peralatan tidak sesuai dengan anjuran PLN.  (mg1/sit)

 

Advertisement

 

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas