Kabupaten Malang

Dinkes Kabupaten Malang Siapkan 16 Cold Room Untuk Vaksin Covid-19

Diterbitkan

-

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, drg Arbani Mukti Wibowo.

Memontum Malang – Meski berapa jumlah vaksin Covid-19 yang bakal diterima masih belum ada kepastian, bukan berarti antisipasi dini tidak dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang.

Menyikapi rencana distribusi vaksin dari pusat atau provinsi ke pemerintah daerah, Dinkes mensiapkan 16 cold room untuk lokasi penyimpanan atau transit vaksin Covid-19.

“Terkait dengan instruksi tempat penyimpanan vaksin Covid-19, Dinkes telah menyiapkan sedikitnya 16 cold room. Tempat penyimpanan itu, mengacu pada aturan yang ada, berada di areal Kantor Dinas Kesehatan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, drg Arbani Mukti Wibowo.

Tempat penyimpanan tersebut, tambah Arbani, sesuai dari instruksi yang selama ini disampaikan. Artinya, untuk tingkat suhu, akan senantiasa terjaga. Termasuk, kapasitas minimal adalah 85 KWA dan didukung dengan genset dengan kapasitas listrik sama.

Advertisement

“Karena ini vaksin, maka tingkat suhu sangat berpengaruh. Karenanya, prosedur dan persyaratan apa, harus sesuai petunjuk,” paparnya.

Disinggung mengenai kapasitas 16 cold room, mantan Direktur RSUD Lawang ini menjelaskan, nantinya mampu menampung sekitar 10.556 filed vaksin. Atau, setara dengan jumlah tenaga kesehatan (Nakes), yang akan mendapat prioritas pertama dalam vaksinasi Covid-19.

“Kalau kemampuan kapasitasnya, setara dengan total vaksin yang akan diberikan kepada 5.278 Nakes. Jadi, untuk penyimpanan nantinya, sementara belum ada kendala,” ujar Arbani.

Ditambahkan, selama vaksin nantinya disimpan atau transit, pastinya akan dilakukan penjagaan. Karena, pemadaman listrik tentunya harus diantisipasi. “Untuk petugas, tentu sudah ada,” lanjutnya.

Advertisement

Lantas, kapan vaksin Covid-19 datang atau berapa jumlahnya untuk masyarakat Kabupaten Malang, Arbani mengatakan, kalau sampai saat ini dinas atau pemerintah daerah, masih belum tahu.

“Berapa jumlahnya, ini yang sampai sekarang saya masih belum ada pemberitahuan. Untuk sementara, ya ditunggu saja,” tambahnya. (sit)

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas