Pamekasan

BHR Pamekasan Prediksi Hari Raya Idul Fitri Jatuh di Hari Sabtu

Diterbitkan

-

BHR Pamekasan Prediksi Hari Raya Idul Fitri Jatuh di Hari Sabtu

Memontum Pamekasan – Bagian Hisab dan Rukyat (BHR) Kabupaten Pamekasan, prediksi Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah jatuh pada hari Sabtu (22/04/2023) mendatang. Hal itu, dijelaskan oleh ketua BHR Pamekasan, Hosen, Sabtu (15/04/2023) tadi.

“Hal ini, berdasarkan posisi hilal pada Kamis (20/04/2023), ketinggian hilal antara 1 sampai 2 drajat di atas ufuk dengan sudut elongasi di bawah 4 drajat. Sehingga, tidak mencukupi syarat,” ujar Hosen saat kepada Memontum.com.

Hosen menjelaskan, kalau Hari Raya Idul Fitri pada Jumat (21/04/2024), maka posisi hilal masih jauh. Artinya, di bawah kriteria visibilitas baru (Imkanur Rukyat), sehingga prediksi Hari Raya Idul Fitri ialah Sabtu (22/04/2023) mendatang.

Baca juga :

Advertisement

“Menurut Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia dan Singapura (Mabims), ketinggian hilal pada posisi di 3 drajat, dengan sudut elongasi 6,4 drajat. Kalau dari posisi hilal kemungkinan terjadi perbedaan penetapan awal 1 Syawal 1444 H karena pada hari itu kemungkinan belum bisa dilihat,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, BHR Pamekasan pada Kamis depan akan melakukan pemantauan hilal di Observatorium Jokotole IAIN Madura, Jalan Raya Tlanakan Pamekasan. “Sehingga prediksi 1 Syawal atau Hari Raya Idul Fitri 1444 H, juga berbeda antara Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU),” ungkapnya.

Kendatipun demikian, keputusan itu masih menunggu hasil rukyatul hilal dan keputusan sidang isbat yang akan di gelar pada Kamis (20/04/2023) sekitar pukul 19.00. “Kalau nanti berbeda, saya mengimbau pada warga Madura, khususnya di Pamekasan, agar tetap saling menghargai dan menghormati, jika terjadi perbedaan jatuhnya Hari Raya Idul Fitri 1444 H,” jelasnya. (azm/gie)

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas