Kota Malang

Senat UB Serahkan Rekomendasi ke Rektor UB

Diterbitkan

-

Senat UB Serahkan Rekomendasi ke Rektor UB

Memontum Kota Malang – Pemimpin Senat Universitas Brawijaya (UB) berikan empat rekomendasi kepada Rektor UB dalam rangka pengembangan perguruan tinggi ke depan. Sekretaris Senat UB Prof. Dr. Iwan Triyuwono menyebutkan, empat rekomendasi yang diberikan kepada Rektor UB Prof. Nuhfil meliputi empat aspek, yaitu Sumber Daya Manusia (SDM), Mentalitas SDM, Budaya Organisasi, serta Tata Kelola dan Akuntabilitas.

“Senat menganggap sangat penting dan krusial aspek SDM, karena maju mundurnya UB tergantung seberapa kuat SDM dosen, tenaga kependidikan, dan pimpinan itu sendiri. Rekomendasi yang diberikan senat sejak perekrutan dosen dan tenaga kependidikan harus ketat dan bebas KKN. Kalau sudah diterima, tidak dibiarkan begitu saja, harus ada sistem pengembangan pembinaan hingga mereka pensiun. Sehingga kualitas tetap terjaga dan meningkat,” kata Iwan.

Aspek kedua yang lebih substantif adalah Mentalitas SDM, yang terdiri dari rasa iman, ikhlas, cinta, taqwa, jujur, dan bersih wajib ada dalam setiap diri SDM UB. “Peran rektor adalah bagaimana membina dan membentuk dosen dan karyawan mempunyai mentalitas. Jika mentalitas dikombinasikan dengan intelektual akan jadi kualitas ideal dalam menjalankan UB, sehingga terbentuk budaya organisasi dengan kekhasan tersebut,” tambah Iwan.

Menurut Iwan, budaya organisasi semacam darah dalam tubuh. Jika budaya organisasinya baik, maka semua kegiatan yang dilakukan oleh perguruan tinggi, seperti pengabdian masyarakat, akuntabilitas, dan penelitian juga menjadi baik. “Sehingga visi, misi, tujuan dan sasaran UB bisa tercapai,” katanya.

Advertisement

Empat rekomendasi tersebut diajukan oleh senat, setelah melakukan dengar pendapat dengan beberapa unit di UB dan menemukan sesuatu yang harus diperbaiki, yaitu SDM. (rhd/yan)

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas