Kota Malang

Ulah Orang Tak Bertanggungjawab, Ikan Koi di Akuarium Megatank Taman Tugu Adipura Kota Malang Mati

Diterbitkan

-

STERILISASI: Akuarium Megatank di Taman Tugu Adipura saat dilakukan pembersihan dan sterilisasi. (memontum.com/rsy)

Memontum Kota Malang – Viral di sosial media, bahwa Akuarium Megatank yang berada di Taman Tugu Adipura Kencana, Jalan Semeru, Kecamatan Klojen, Kota Malang, yang berisikan Ikan Koi ditemukan banyak yang mati, Jumat, (15/03/2024) kemarin. Setelah dilakukan pemeriksaan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang, diketahui bahwa kematian sejumlah Koi disebabkan karena adanya oknum yang tidak bertanggung jawab, yang memasukkan Ikan Lele ke dalam akuarium tersebut.

“Kami menyayangkan adanya tindakan oknum yang tak bertanggung jawab seperti itu. Karena, akuarium Ikan Koi itu dimasuki Ikan Lele. Kami tidak tahu, siapa orang yang telah menyebabkan kejadian itu,” kata Kepala Bidang Ruang Terbuka Hijau (RTH) DLH Kota Malang, Sabtu (16/03/2024) tadi.

Dengan adanya peristiwa tersebut, tim DLH Kota Malang langsung melakukan pembersihan dan pengurasan kolam. Serta, normalisasi sirkulasi akuarium. Hal itu dilakukan, agar beberapa Ikan Koi yang masih hidup, bisa terselamatkan.

“Yang mati itu ada delapan dan masih hidup sisa tujuh. Setelah kejadian itu, akuarium langsung disterilkan biar ikan yang masih hidup itu bisa dimasukkan kembali,” katanya.

Advertisement

Baca juga :

Akibat terjadi peristiwa itu, Laode mengimbau kepada masyarakat, agar turut menjaga keberadaan Akuarium Megatank. Sebab, akuarium itu juga salah satu bagian untuk mempercantik dan memperindah Kota Malang.

“Akuarium ini merupakan bagian dari keindahan kota dan itu milik kita bersama. Mari kita saling menjaga, agar tidak terjadi lagi kejadian yang merusak keindahan tersebut,” imbuh Laode.

Saat tim Memontum.com meninjau lokasi Akuarium Megatank, nampak beberapa petugas masih melakukan pembenahan akuarium tersebut. Salah satu koordinator akuarium, Abas, menyampaikan bahwa pihaknya masih melakukan sterilisasi dan itu membutuhkan waktu kurang lebih satu sampai dua hari.

“Iya, ini masih dilakukan sterilisasi dan beberapa Ikan Koi yang mati, itu karena diserang oleh Ikan Lele. Karena, dibagikan tubuh ikan ditemukan luka di tubuh ikan koi,” ujar Abas. (rsy/sit)

Advertisement
Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas