Kota Malang

Coklit Serentak, Kecamatan Blimbing Lebihi Target KPU Kota Malang

Diterbitkan

-

Memontum Kota Malang—KPU Kota Malang sukses meraih target 7000 rumah dalam coklit (Pencocokan dan Penelitian) data pemilih yang dilakukan di hari pertama, Sabtu (20/1/2018). KPU Kota Malang mengerahkan pasukan 1400 PPDP (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih) yang disebar di wilayah RT se Kota Malang. Mekanismenya, PPDP di bawah kendali 57 PPS Kelurahan. Sedangkan supervisi dilakukan oleh 5 PPK masing-masing kecamatan.

Deni Bachtiar, komisioner KPU Kota Malang menyatakan kepada wartawan, jika data coklit telah dilaporkan ke KPU RI. Rekor MURI pun tercapai.

PPS dan PPDP Pandanwangi saat apel bersama PPL dan Babinsa di halaman kelurahan. (ist)

PPS dan PPDP Pandanwangi saat apel bersama PPL dan Babinsa di halaman kelurahan. (ist)

”Pelaksanaan Coklit dilakukan serentak di seluruh Indonesia. Target kami di hari pertama ini ada 7000 rumah yang didata, alhamdulillah tercapai dan datanya sudah kami kirim ke KPU RI,’’ kata Komisioner KPU Kota Malang Deny R Bahctiar.

Sementara itu di tingkat kecamatan, PPDP se Kecamatan Blimbing melakukan coklit sejumlah 1915 rumah dan 5963 KK. Perolehan ini, menurut Januar Triwahyudi, anggota PPK Blimbing, sudah melebihi target KPU Kota Malang.

“Itungannya jelas. KPU Kota Malang pasang target di Kecamatan Blimbing sesuai jumlah PPDP, yaitu 301. Tiap PPDP targetnya 5 rumah, tiap anggota PPS targetnya 5 rumah dan tiap anggota PPK targetnya 5 rumah. Jadi untuk Kecamatan Blimbing targetnya 1545 rumah,” jelas Januar, yang juga seorang wartawan ini.

Advertisement

“Alhamdulillah, target itu tercapai. Bahkan kecamatan Blimbing kelebihan 370 rumah. Ini adalah hasil kerja tim antara PPK, PPS dan PPDP. Saya mengapresiasi kinerja dan semangat teman-teman. Terima kasih semuanya,” ujar Januar.

Coklit data diawali dengan Apel Kesiapan Gerakan Coklit Serentak dalam rangka Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota di Alun-Alun Kota Malang. Apel yang dipimpin oleh Ketua KPU Kota Malang Zaenudin ST MAP ini dihadiri langsung oleh Wali Kota Malang H Moch Anton, Dandim 083 Kota Malang Letkol Inf Nurul Yaqin, dan Kapolres Malang Kota AKBP Asfuri, serta pejabat Pemkot Malang dan perwakilan partai politik.

Dalam sambutannya, Zaenudin mengimbau kepada petugas untuk menjalankan tugas sesuai dengan undang-undang. Dia mengatakan, saat ini tahapan Pilkada sudah berjalan. Dan sejauh ini suasana Kota Malang tetap kondusif. ”Kondisi ini harus terus kita jaga. Artinya, pemiliu kita jalani dengan hati dingin,’’ ungkapnya. Dia juga berpesan kepada petugas PPDP agar mengoptimalkan waktu, serta selalu menjaga kepercayaan. (gie/yan)

Advertisement
Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas