Hukum & Kriminal

10 Ribu Tanaman Ganja dan 10 Kg Ganja Kering Siap Jual Kembali Disita Polres Lumajang

Diterbitkan

-

BB: Sejumlah tanaman ganja yang berhasil diamankan dari lokasi. (ist)

Memontum Lumajang – Petugas Polres Lumajang terus melakukan pengembangan hasil pengungkapan ladang ganja yang berada di Lereng Gunung Semeru atau tepatnya di Dusun Pusung Duwur, Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang. Alhasil, setelah petugas melakukan penyisiran di sekitar lokasi, akhirnya kembali menemukan sekitar 10 ribu tanaman ganja yang tersebar di sedikitnya 16 titik di Lereng Gunung Semeru.

Kapolres Lumajang, AKBP M Zainur Rofik, saat dikonfirmasi membenarkan adanya penemuan 10 ribu pohon ganja tersebut. “Hasil dari penyisiran petugas, hari ini kami menemukan tanaman ganja itu tersebar di 16 titik. Kalau dihitung, kurang lebih sekitar 10 ribu batang pohon ganja,” ujar AKBP Rofiq, Jumat (20/09/2024) tadi.

Selain itu, dalam penyisiran di Lereng Gunung Semeru tersebut, petugas juga menemukan 10 kg ganja kering. “Kami juga menemukan ganja yang kering kurang lebih 10 kilogram. Kami tetap melanjutkan penyisiran untuk menemukan tanaman ganja karena melihat luas kawasan kemungkinan masih ada,” tegasnya.

Baca juga :

Advertisement

Dijelaskannya pula, bahwa pelaku mencoba mengelabui petugas dengan cara penanaman pohon ganja tersebut di petak-petak yang lokasinya berjauhan agar tidak terpantau. Selain itu lokasinya  di sekitaran jalan yang tidak dilalui oleh masyarakat pada umumnya.

“Pelaku menggunakan pola tanam yang tidak biasa karena menanam ganja di tengah pepohonan dan semak belukar, sehingga tidak mudah diketahui oleh petugas,” katanya.

Saat ditanya terkait apakah ada tersangka lain, pihaknya masih melakukan pengembangan. “Sementara akan kami kembangkan dan kalau melihat dari tempat kejadian perkara (TKP), kemungkinan masih ada yang lain yang menanam di kawasan tersebut,” tambahnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Petugas Polres Lumajang berhasil mengamankan ladang ganja yang berada di lereng Gunung Semeru atau tepatnya di Dusun Pusung Duwur, Rabu (18/09/2024) kemarin. Ladang ganja tersebut, berisi ratusan pohon ganja siap panen. Dalam pengungkapan itu, petugas juga sudah mengamankan 2 orang dengan inisial B dan NG yang diduga terlibat dalam penanaman ganja tersebut. (gie)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas