Jember

Bupati Jember Apresiasi Sinergi Ojol dan Opang dalam Pembentukan Koperasi serta Kerja Sama

Diterbitkan

-

KOMPAK: Bupati Jember di sela menyaksikan pelaksanaan pembentukan koperasi. (pemkab for memontum)

Memontum Jember – Ojek online (Ojol) dan ojek pangkalan (Opang) di Kabupaten Jember, kompak membangun koperasi yang diberi nama Giat Bersama Sejahtera (GBS). Koperasi ini dibentuk, untuk menunjang kesejahteraan hidup anggota.

Kekompakan inilah, yang melahirkan perjanjian kerja sama yang ditandatangani oleh perwakilan PT Gojek Tokopedia dan perwakilan ojek pangkalan. Tidak ketinggalan, Bupati Jember, Hendy Siswanto, turut menyaksikan perjanjian yang dibuat di Pendapa Wahyawibawagraha, Sabtu (21/09/2024) tadi.

Usai penandatanganan kerja sama, bupati bersama sejumlah pihak bergeser ke Stasiun Jember dan meresmikan dua titik jemput penumpang. Pertama di Jalan Wijaya Kusuma, tepat di depan pintu keluar Stasiun Jember dan kedua di Jalan Dahlia.

“Stasiun kalau diibaratkan ladang, itu ladang yang basah. Bersyukur kita bersepakat untuk saling mengais rezeki bersama-sama dan mendapat manfaat bersama-sama,” kata perwakilan Opang, Siswoyo.

Advertisement

Baca juga :

Kesepakatan yang ditanda tangani, yakni Ojol dapat menjemput penumpang di titik terdekat dengan stasiun. Sedangkan, Opang dan tukang becak mendapat kompensasi dari setiap penjemputan Ojol, berupa retribusi keamanan dan kebersihan.

“Besaran retribusi yakni Rp1000 untuk Ojol roda dua dan Rp 2000 untuk Ojol roda empat, yang ditagihkan kepada penumpang di aplikasi. Sehingga, penumpang tidak perlu lagi berjalan kaki jauh dari Stasiun Jember,” kata Area Operation Gojek Malang-Banyuwangi, Nurandito Vindyawan.

Bupati Jember, Hendy Siswanto, dalam momen itu mengapresiasi langkah bersama ini. Dirinya berharap, bentuk kerja sama saling menguntungkan kedua pihak ini menjadi contoh bagi daerah lain.

“Pesan saya satu untuk panjenengan semua, harus rukun. Panjenengan semua harus betul-betul taat aturan, taat regulasi koperasi itu sendiri. Jangan sampai panjenengan sendiri yang mendirikan koperasi dan panjenengan yang merusak atau menodai,” kata Bupati Hendy Siswanto.

Advertisement

Lebih lanjut, keberadaan koperasi ini sebagai payung hukum bagi Opang, dalam kerja sama tersebut. Bupati Hendy juga akan membantu memberdayakan koperasi tersebut. “Nanti program-program Dinas Koperasi dan UMKM akan bisa berdampak bagi kawan-kawan ojek,” tambahnya. (kom/rio/gie)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas