Politik

Paripurna Pimpinan DPRD Situbondo Definitif, Mahbub Junaidi Jabat Kursi Ketua Periode 2024-2029

Diterbitkan

-

LANTIK: Proses pelantikan pimpinan DPRD Situbondo definitif. (memontum.com/her)

Memontum Situbondo – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Situbondo, menggelar rapat paripurna pelantikan dan pengambilan sumpah pimpinan DPRD Situbondo definitif, Senin (30/09/2024) tadi. Prosesi pelaksanaan sendiri, dipimpin Ketua Pengadilan Negeri Situbondo, Achmad Rasjid, di Ruang Paripurna DPRD Situbondo.

Dilantik sebagai Ketua DPRD Situbondo definitif, yaitu Mahbub Junaidi dari Fraksi PKB. Sementara untuk posisi wakil ketua, masing-masing Wakil Ketua DPRD dari Fraksi PPP, Abdur Rahman, Wakil Ketua dari Fraksi Gerakan Indonesia Maju (GIM), Hambali (Partai Gerindra). Sedangkan Wakil Ketua dari PDI-Perjuangan, Andi Handoko. Khusus Andi, tidak turut dilantik karena SK Pengesahan dari Pj Gubernur Provinsi Jawa Timur, belum turun.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua DPRD Situbondo, Mahbub Junaidi, mengatakan bahwa sebagai pimpinan DPRD Situbondo, dirinya dan pimpinan yang lain berharap kepada seluruh anggota DPRD untuk mendukung dan bersama-sama menjalin kebersamaan. Juga, menjalin keharmonisan antar pimpinan dan anggota DPRD maupun sesama anggota DPRD.

“Karena kita memiliki tugas dan tanggung jawab yang sama, yaitu untuk memajukan dan mensejahterakan masyarakat di Kabupaten Situbondo. Dengan alasan ini pula, kami mohon dukungan untuk bersama-sama sebagai anggota DPRD Kabupaten Situbondo yang bermartabat dan mampu menjadi mitra kerja pemerintah daerah,” kata Mahbub.

Advertisement

Baca juga :

Dirinya juga menjelaskan, bahwa DPRD sebagai unsur pemerintahan daerah, bersama pemerintah daerah memiliki fungsi pembentukan peraturan daerah, anggaran dan pengawasan. “Sinergitas pelaksanaan fungsi, tugas dan wewenang DPRD yang dijalankan oleh masing-masing alat kelengkapan DPRD, memegang kunci optimalisasi pelaksanaan kinerjanya. Realitanya, hubungan DPRD dengan kepala daerah merupakan substansi penting dalam kehidupan politik di daerah, khususnya menyangkut penggunaan mekanisme konsultasi,” ujar Politisi dari Fraksi PKB.

Sementara itu, Pjs Bupati Situbondo, Aftabuddin Rizal Uzzaman, berharap DPRD dan pemerintah daerah bisa bersinergi bersama-sama bergandengan tangan menjaga kondusivitas Kabupaten Situbondo. “Tugas utama kita di akhir tahun ada kampanye Pilkada yang memang penting buat kita semua untuk mendapatkan pimpinan daerah yang disayangi rakyatnya. Sehingga, bisa membangun Situbondo lebih baik ke depan,” kata Pjs Bupati Situbondo yang akrab disapa Afta.

Pjs Afta juga mengingatkan, terkait netralitas ASN agar bagaimana Pilkada bisa berjalan dengan baik tanpa adanya konflik. “ASN jangan ikut-ikutan kampanye, jangan ikut mengajak, mari kita kontrol bersama. Memilih boleh karena hak pilih, cukup nanti di TPS saja memilih, jangan ikut campur urusan kampanye,” tegasnya.

Harapannya terhadap pimpinan DPRD yang baru, ujarnya, tentu bisa bersinergi dengan bagus dengan pemerintah daerah. “Semoga DPRD dan pemerintah daerah bisa bersinergi dengan baik karena kita mitra, ke depan agar semua kegiatan bisa berjalan dengan baik. Agar masyarakat kita benar-benar terwakili. Masyarakat kita bisa sejahtera, ingat tugas kita adalah menggunakan APBD sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat,” imbuhnya. (her/gie)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas