Banyuwangi

DPRD Banyuwangi Gelar Pelantikan Pimpinan Definitif

Diterbitkan

-

LANTIK: Suasana pelantikan pimpinan DPRD Banyuwangi definitif. (pemkab for memontum)

Memontum Banyuwangi – DPRD Kabupaten Banyuwangi menggelar rapat paripurna dengan agenda pelantikan Pimpinan DPRD Kabupaten Banyuwangi periode 2024-2029, di Ruang Paripurna Gedung Dewan, Rabu (02/10/2024) tadi.

Dalam pelantikan itu, posisi Ketua DPRD diisi oleh Politisi PDI-Perjuangan, I Made Cahyana Negara. Sementara tiga kursi wakil ketua, masing-masing diisi oleh Politisi PKB, Siti Mafrochatin Ni’mah, Politisi Partai Demokrat, Michael Edy Hariyanto dan Politisi Partai Golkar, Ruliyono.

Plt Bupati Banyuwangi, Sugirah, dalam kesempatan itu menyampaikan selamat atas dilantiknya pimpinan DPRD Banyuwangi periode 2024-2029. Dirinya juga berharap, dengan adanya pimpinan baru, kolaborasi antara Pemkab dan DPRD akan terus meningkat.

Plt Bupati Sugirah optimis, para pimpinan legislatif punya komitmen yang kuat dalam mengawal percepatan pembangunan di Banyuwangi. “Kepada para pimpinan yang baru, saya berharap untuk terus mengedepankan kepentingan masyarakat dan senantiasa mengutamakan dialog serta pendekatan inklusif supaya pembangunan yang kita rencanakan akan tepat sasaran,” kata Plt Bupati Sugirah.

Advertisement

Dirinya juga berharap, dengan pimpinan yang baru, DPRD Banyuwangi akan mampu menjawab persoalan yang dihadapi oleh masyarakat. Dirinya juga mengajak legislatif untuk bersinergi bersama eksekutif dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Baca juga :

“Termasuk untuk mempercepat pembangunan infrastruktur, memperkuat sektor ekonomi dan memastikan bahwa kebijakan-kebijakan yang diambil mampu meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat Kabupaten Banyuwangi secara berkelanjutan,” tambahnya.

Dirinya juga menekankan, mengenai keberhasilan suatu daerah bergantung terhadap sinergi yang harmonis antara eksekutif dan legislatif. “Saya sangat menghargai kerja sama yang selama ini telah terjalin antara pemerintah daerah dan DPRD. Banyak program dan kebijakan yang telah kita jalankan secara bersama-sama,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Banyuwangi, I Made Cahyana Negara, mengatakan bahwa pihaknya akan mengebut tahapan lainnya usai pelantikan pimpinan dewan. Salah satunya, proses pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD).

Advertisement

“Kami targetkan dalam sepekan ke depan proses pembentukan AKD bisa rampung,” kata Made.

Setelah AKD terbentuk, DPRD Banyuwangi akan mengebut proses pembahasan rancangan peraturan daerah APBD 2025. Termasuk pembahasan Penperda-Ranperda prioritas lainnya.

Sekadar informasi, Made telah menduduki kursi Ketua DPRD untuk ketiga kalinya secara berturut-turut. Sementara Michael dan Ruliyono, juga telah menduduki kursi pimpinan dewan pada periode sebelumnya. (kom/bwi/sit)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas