Kabupaten Malang

Dukung Gelaran Suling Bupati Malang, Dinkes Siapkan Screening hingga Pengobatan Gratis Masyarakat

Diterbitkan

-

CEK: Bupati Malang saat mencoba pengobatan gratis yang disiapkan di Suling. (ist)

Memontum Malang – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang terus mendorong masyarakat untuk bisa hidup sehat. Salah satunya, yakni menyediakan tempat pemeriksaan gratis di setiap pelaksanaan program subuh keliling (Suling) yang dilakukan Bupati Malang, HM Sanusi.

Sekretaris Dinkes Kabupaten Malang, Puji Hadi Prasetyo, mengatakan bahwa pihaknya sengaja menstandbykan petugas tenaga kesehatan (Nakes), untuk menyediakan cek kesehatan gratis bagi seluruh jamaah Salat Subuh dan masyarakat. Ini dilakukan, sebagai upaya untuk mengetahui kondisi kesehatan dari pada warga serta mendukung hidup sehat.

“Dalam pengobatan gratis ini, sifatnya screening kesehatan. Jadi, layanan yang diberikan beragam. Seperti gula darah, tekanan darah, kolesterol atau kondisi kesehatan hingga lingkar perut. Jadi, semua dilakukan pemeriksaan secara gratis,” kata Puji, Kamis (15/08/2024) tadi.

Baca juga :

Advertisement

Selain mengenai pemeriksaan kesehatan massal dan gratis, tambahnya, masyarakat juga akan dilayani untuk penanganan awal. Artinya, seperti obat-obatan juga sudah disediakan.

“Obat-obatan juga kita siapkan. Jadi, selain pemeriksaan kesehatan juga kita berikan obat,” tambahnya.

Untuk Nakes di setiap gelaran Suling, ujar Sekretaris Dinkes ini, disesuaikan dengan lokasi pelaksanaan. Sehingga, salah satu yang dilibatkan adalah tenaga kesehatan di setiap Puskesmas yang tersebar di Kabupaten Malang.

“Untuk tenaga medisnya, salah satunya itu melibatkan tenaga di Puskesmas. Karenanya, layanan yang diberikan terus ada di setiap pelaksanaan kegiatan Suling Bupati. Sementara jumlah Nakes yang diturunkan, bisa mencapai 10 atau lebih. Tergantung dari kondisi di lapangan,” terangnya. (sit)

Advertisement
Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas