Berita Nasional

Tunjang Peningkatan Wisman ke Indonesia, Menparekraf Sambut Baik Penerbangan AirAsia Hong Kong-Bali

Diterbitkan

-

PERDANA: Serangkaian acara penerbangan perdana AirAsia rute Hong Kong-Denpasar di Denpasar. (menparekraf for memontum)

Memontum Jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, menyambut baik penerbangan langsung perdana AirAsia dengan rute Hong Kong-Denpasar, Bali.

Menparekraf Sandiaga Uno, dalam keterangannya mengatakan bahwa konektivitas merupakan kunci untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia. Terlebih, penerbangan langsung dari Hong Kong ke Indonesia yang memang sangat dinantikan.

“Penerbangan AirAsia diharapkan dapat menarik lebih banyak turis Hong Kong dan internasional ke Indonesia. Sehingga, dapat berkontribusi pada peningkatan devisa dari sektor pariwisata dan menciptakan lebih banyak lapangan pekerjaan,” kata Menparekraf Sandiaga di Jakarta, Rabu (02/10/2024) tadi.

Menparekraf menjelaskan, bahwa maskapai tersebut akan beroperasi menggunakan Airbus A320, dengan penerbangan setiap hari. Untuk rute Hong Kong-Denpasar, akan menggunakan penerbangan QZ301 yang berangkat dari Hong Kong pukul 06.55 waktu Hong Kong dan tiba di Denpasar pukul 11.50 WITA. Sementara rute Denpasar-Hong Kong dilakukan dengan penerbangan QZ300 yang berangkat dari Denpasar pukul 00.45 WITA dan tiba di Hong Kong pukul 05.35 waktu Hong Kong.

Advertisement

“Kami meyakini bahwa ke depan akan lebih banyak maskapai yang membuka rute penerbangan langsung dari Hong Kong, mengingat tren pasar wisatawan mancanegara asal Hong Kong mulai meningkat saat ini. Di samping itu, Indonesia merupakan destinasi yang amat disukai oleh wisman asal Hong Kong, terutama karena keindahan alam dan kemiripan budayanya,” kata Menparekraf Sandiaga.

Baca juga :

Untuk menyambut penerbangan perdana AirAsia rute Hong Kong-Denpasar, Kemenparekraf/Baparekraf yang berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Bali, PT Angkasa Pura Indonesia Kantor Cabang Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai dan Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah IV Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, akan hadir mendukung Inaugural Flight AirAsia, yang dilaksanakan pada Selasa 1 Oktober 2024, di Terminal Kedatangan Internasional, Bandara I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali.

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf, Ni Made Ayu Marthini, menekankan pentingnya penerbangan langsung dari negara asal Wisman ke Indonesia, khususnya Hong Kong yang memang sudah menjadi hub internasional. “Hong Kong merupakan hub di Asia dan kami berharap pembukaan rute baru ini semakin mendorong kunjungan Wisman dari Hong Kong dan negara-negara lain ke Indonesia,” kata Made.

Rute penerbangan langsung HK-DPS membawa 180 penumpang. Setibanya di Terminal Kedatangan Internasional, para penumpang disambut dan diberikan pengalungan bunga oleh Deputi Bidang Pemasaran dan Direktur Pemasaran Pariwisata Regional I, Kemenparekraf/Baparekraf serta disuguhkan tari penyambutan tradisional Bali dari Pemerintah Provinsi Bali. Para penumpang juga akan mendapatkan suvenir Wonderful Indonesia.

Advertisement

Direktur Utama/CEO Indonesia AirAsia, Veranita Yosephine, menjelaskan pembukaan rute Denpasar-Hong Kong ini merupakan tonggak penting bagi Indonesia AirAsia dalam memperluas jaringan penerbangan internasional.

“Kami yakin penerbangan langsung ini akan semakin menarik lebih banyak wisatawan untuk berkunjung ke Bali dan Hong Kong, sebagai dua destinasi unggulan dunia,” kata Veranita.

Veranita mengatakan, AirAsia merupakan maskapai penerbangan berbiaya hemat (Low-Cost Carrier/LCC) asal Malaysia yang terbesar dalam jumlah armada dan destinasi tujuan. AirAsia juga merupakan LCC terbaik dunia versi Skytrax. Dimana AirAsia mengoperasikan penerbangan reguler domestik dan internasional ke lebih dari 166 destinasi tujuan yang mencakup 25 negara di ASEAN dan Australia. (kom/par/gie)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas