Kota Malang

Pemkot Malang segera Koordinasikan Kesiapan Logistik dan Keamanan Surat Suara Jelang Pilkada 2024

Diterbitkan

-

Kabag Pemerintahan Pemkot Malang, Yuyun Nanik Ekowati. (memontum.com/rsy)

Memontum Kota Malang – Pemerintah Kota Malang melalui Bagian Pemerintahan memberikan perhatian khusus terkait dengan persiapan logistik dan keamanan surat suara dalam Pilkada serentak 2024 ini. Dalam momen ini, Bagian Pemerintahan dari Pemkot Malang, turut terlibat dan mengingat tanggung jawabnya berada di bawah Dirjen Otonomi Daerah (Otoda) Kemendagri.

Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Pemkot Malang, Yuyun Nanik Ekowati, menyampaikan bahwa dalam hal ini pihaknya juga masih akan terus berkoordinasi dengan KPU Kota Malang. Terutama terkait dengan penggunaan tenda yang digunakan sebagai Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Jangan sampai ditengah-tengah pesta demokrasi ada hujan kemudian berisiko pada surat suara. Ini menjadi perhatian kami dan nantinya juga akan dikoordinasikan bersama dengan KPU Kota Malang,” kata Yuyun, Kamis (10/10/2024) tadi.

Baca juga :

Advertisement

Tidak hanya itu, saat ini menurut Yuyun, KPU Kota Malang juga telah bersurat kepada masing-masing kecamatan untuk menyiapkan gudang penyimpanan logistik Pilkada Serentak 2024 ini. Mengingat mekanisme Pilkada saat ini juga berbeda dengan Pileg dan Pilres sebelumnya.

Begitu juga mengenai distribusi surat suara akan dilakukan dari gudang KPU ke masing-masing kecamatan di Kota Malang, kemudian didistribusikan ke kelurahan. Setelah pemilihan, surat suara tidak akan menginap di kelurahan, melainkan langsung dikirim kembali ke kecamatan.

“Kami mengoordinasikan proses distribusi agar berjalan lancar, terutama mengingat perubahan mekanisme. Surat suara tidak akan lama berada di kelurahan, melainkan langsung ke kecamatan yang memiliki gudang lebih besar,” imbuh Yuyun.

Hal ini dilakukan, agar nantinya dalam proses pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 dapat berlangsung dengan aman dan lancar. Termasuk juga memastikan kesiapan logistik di tengah potensi tantangan cuaca. (rsy/sit)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas