Kabupaten Malang

Arus Lalin Gedangan-Gondanglegi Lumpuh, Tanah Ambles di Sumbernanas-Gedangan Tembus Kedalaman 3 Meter

Diterbitkan

-

Lumpuh:Arus Lalin Gedangan Gondanglegi Lumpuh(Sur)

Memontum Malang—Akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Malang selatan selama hampir dua minggu berturut-turut, kondisi arus  Lalulintas (Lalin) jurusan Gedangan Gondanglegi Kabupaten Malang sempat lumpuh. Kendati bisa dilalui, tetapi warga setempat harus standby dengan membantu melancarkan laju kendaraan.

“Kami bersama beberapa warga harus standby membantu kelancaran kendaraan sejak pukul 04.00 subuh  hingga siang hari. Jalan ini sejak subuh sudah banyak dilalui para pedagang sayur. Berlanjut  kendaraan para pelajar SMP Negeri Gedangan termasuk karyawan Kecamatan Gedangan dan kendaraan umum. Karena ini jalan poros satu-satunya menuju kantor Kecamatan Gedangan dan pasar. Misalkan diarahkan lewat  jalur alternatif, selain lokasinya sangat jauh dan kurang memungkinkan”, ujar salah seorang warga Minggu (4/2/2018) kemarin.


Di tempat yang sama,Achmad Khariri,seorang perangkat Desa Gedangan menjelaskan, kerusakan jalan ini semakin hari kian melebar. Selain ambles, kerusakan jalan sepanjang 40 x 10 meter ini juga longsor.

“Longsor itu melebar hingga 6 meter ke arah utara batas sungai. Kondisinya memang sangat parah dan itu harus menggunakan paku bumi. Jika tidak, sampai kapanpun masih ambles, karena kondiai tanah  ini  labil,” terang Khariri.

Juga dijelaskan, dari pihak Bina Marga Kabupaten Malang sendiri, sudah dua kali chek lokasi, mungkin itu masih dipelajari. Terpisah, Kepala Desa Gedangan Hendik Krisdyanto mengungkapkan, pihak Pemerintah Desa Gedangan sudah berusaha maksimal dengan dropping beberapa truk batu koral.

Advertisement

“Kami sudah berusaha maksimal dengan dropping beberapa truk batu koral, agar jalan satu-satunya menuju sentral pemerintahan, pendidikan dan pasar Gedangan ini segera ada penanganan dari pemerintah”, terang Hendik.

Seperti diberitakan sebelumnya, tanah ambles dan longsor di jalan kelas III ini terjadi sejak hari Minggu (21/1/2018) lalu. Kondisi tersebut sangat berdampak bagi pengguna ruas jalan jurusan Gedangan Gondanglegi dan sebaliknya. Selain di Desa Gedangan, tanah longsor juga terjadi di Dusun Sumberjabon dan beberapa titik di Desa Segaran Kecamatan Gedangan.(sur/yan)

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas