Mojokerto

Dandim 0815 Mojokerto Gandeng Instansi Terkait, Gelar Rakor Serapan Gabah Petani

Diterbitkan

-

Memontum Mojokerto – Komandan Kodim (Dandim) 0815 Mojokerto Rem 082/CPYJ Letkol Kav Hermawan Weharima, SH memimpin rapat koordinasi Serapan gabah Petani (Sergap) Tahun 2018 di Makodim, Kota Mojokerto, Jum’at (09/02/2018). “Rakor Sergap ini digelar sebagai tindak lanjut dari hasil pelaksanaan Rakor Sergap Tahun 2018 di wilayah Jawa Timur yang berlangsung di Hotel Mercure Surabaya, yang dipimpin Menteri Pertanian RI dan diikuti Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman dan Aster Kasad serta para Danrem, Dandim dan Kepala Dinas Pertanian se-Jawa Timur, pada Kamis (08/02/2018) kemarin,” jelas Dandim saat membuka Rakor Sergap di Makodim 0815.

Dalam skema baru ini, lanjut Dandim, telah diatur tata cara penyerapan gabah petani, dengan alur Kepala Sub Divre Bulog menerbitkan order/pesanan gabah kepada Dandim. “Berdasarkan dokumen order teraebut, maka kita bisa mengajukan permintaan dana kepada Bank BRI di masing-masing lokasi sebagai modal awal pembelian gabah petani,” terang Dandim.

Masih papar Dandim, Sergap ini dapat dilakukan dilokasi panen, rumah tangga petani, di penggilingan padi maupun di pedagang pengumpul. “KTNA (Kontak Tani Nelayan Andalan) dan Penyuluh menjadi bagian (sub) dari order yang kita terima, untuk itu kepada pengurus dan anggota KTNA disemua tingkatan dapat segera melakukan langkah-langkah koordinasi dengan Kodim di wilayah masing masing. Harga gabah/beras menyesuaikan dengan HPP atau fleksibilitas harga yang telah ditetapkan dengan catatan kualitas gabah maupun beras sesuai dengan ketentuan Bulog atau Permentan 31/Permentan/PP.130/8/2017,” pinta Dandim.

Disampaikannya lagi, target Sergap untuk Februari – Mei 2018 dengan sasaran utama di 8 Provinsi (Jateng, Sumsel, Lampung, Jabar, Banten, DIY, Jatim, Sulsel), tetapi dapat juga dilaksanakan diseluruh Indonesia. “Dengan skema baru dan langkah-langkah ini, target penyerapan gabah/beras oleh Bulog periode Pebruari hingga Mei 2018 sebanyak 3.020.577 ton setara beras dengan rincian pada bulan Pebruari ditargetkan 683.411 ton, Maret 1.066.922 ton, April 733.250 ton dan Mei 536.994 ton,” ungkap Dandim.

Advertisement

Hadir dalam Rakor tersebut, antara lain Kasdim 0815 Mojokerto Mayor Inf Nuryakin, S.Sos., Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto diwakili Kepala Jabatan Fungsional Massuhadak, SP., M.MA., Perwakilan Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Mojokerto, Perwakilan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Mojokerto, Kepala Bulog Sub Divre IV Surabaya Selatan Arsyad, Kepala Kantor Cabang BRI Mojokerto diwakili Luthfi Iskandar, Para Danramil Jajaran Kodim 0815 Mojokerto, Koordinator Penyuluh Pertanian se-Wilayah Kabupaten dan Kota Mojokerto, serta undangan. (gan/ono)

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas