Sidoarjo

Banjir Tak Kunjung Surut, Petani Semambung Wadul DPR RI

Diterbitkan

-

Banjir Tak Kunjung Surut, Petani Semambung Wadul DPR RI

Memontum Sidoarjo — Genangan air yang merendam lahan 120 Ha sawah milik petani di Desa Semambung, Kecamatan Jabon, Jumat (2/3/2018) sore yang tidak kunjung surut mengundang keprihatinan anggota Komisi VI DPR RI Dapil Jatim I Surabaya-Sidoarjo,Ir H Bambang Haryo Soekartono.

Dalam reses MP III Periode Tahun 2017-2018,dipendopo kantor balai desa setempat legislator Partai Derindra secara langsung bertatap muka dengan para petani.Tidak sungkan-sungkan para petani menyampaikan beberapa pertanyaan dan keluhan terkait persoalan banjir yang menggenangi rumah dan sawah hingga tidak bisa bercocok tanam padi pada musim tanam.

Kondisi rumah tergenang air,di Dusun Penumpakan,Desa Semambung,Jabon (Agus HP)

Kondisi rumah tergenang air,di Dusun Penumpakan,Desa Semambung,Jabon (Agus HP)

Anggota Komisi VI DPR RI Dapil Jatim I Surabaya -Sidoarjo,Ir.H.Bambang Haryo Soekartono menjelaskan persoalan banjir di Desa Pertanian,yakni Desa Semambung menghambat proses panen.Padahal, biasanya petani dapat memproduksi dua kali dalam 1 tahun,namun kali ini di tahun 2018 hanya 1kali panen.Pihaknya sudah mengusahakan Dinas PU PR,Dinas PU untuk dilakukan sudetan air yang berlebihan menuju sungai.Namun anggaran biaya mahal dan besar,nantinya akan dianggarkan pada tahun-tahun berikutnya.

” Selanjutnya, dari BNTB melalui desakan perwakilan rakyat di pusat,termasuk saya langsung mengirimkan mesin pompa berukuran 8 dim.Saat ini dioperasikan untuk melakukan pemompaan diarea terdampak banjir, minimal dapat mengurangi debet volume air yang berlebihan.Tidak hanya itu,kami juga memberikan 1 unit mesin pompa. Alhamdulillah penambahan mesin, mempercepat pengurangan air, ” ungkap Bambang Haryo Soekartono

Menururnya , Pemerintah sudah merealisasikan mesin pompa,tetapi berupa busem yang dipergunakan pada saat terjadinya banjir.Maksudnya mereka petani itu secara otomatis,tanpa pompa ini tetap bekerja terus menerus dioperasikan.Karena keberadaan listrik di desa Semambung sering padam ,sehingga perlu penanggulangan tanpa harus ketergantungan kepada tenaga listrik.

Advertisement

“Kondisi saat ini sudah baik dan bagus, dalam kata arti pemerintah daerah, propinsi yang kita harapkan turut aktif menanggulangi persoalan warga maupun petani.Kedepannya saya akan mendesak,Bupati Sidoarjo, H Saiful Illah untuk juga bisa membantu permasalahan yang ada di Desa Semambung,” tandasnya. (gus/yan)

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas