Gresik

Semangat lnovasi dan Efisiensi, Solusi Kebangkitan Perusahaan, Tema KIPG ke 32

Diterbitkan

-

Direktur Utama PG Nugmho Christijamo saat potong tali tanda di bukanya kegiatan dan saat memanah

Memontum Gresik—- PT Petrokimia Gresik (PG) kembaIi menggelar Konvensi Inovasi Petrokimia Gresik (KIPG) XXXII” di Gresik. Kamis (12/4). Pada tahun ini KIPG mengambil tema ‘Semangat lnovasi dan Efesiensi Sebagai Solusi Kebangkitan Perusahaan”.

Direktur Utama PG Nugmho Christijamo menyatakan bahwa tujuan penyelenggaman KIPG adalah sebagai sarana untuk menyampaikan kisah inovasi sukses, serta ajang penghargaan kepada gugus inovasi yang berprestasi pada kurun waktu 2017-2018.

“Kegiatan ini utamanya untuak mendorong insan Petrokimia Gresik agar berpikir kreatif dan bekerja inovatif untuk mewujudkan diri sebagai perusahaan solusi untuk agroindustri, sekaligus menjawab berbagai tanntangan di era disruptif seperti saat ini,” tambah Nugmho.

Kegiatan ini, lanjut Nugroho, juga bertujuan untuk memantapkan tradisi inovasi di perusahaan. Melalui kegiatan seperti ini. perusahaan telah banyak melakukan perbaikan dan peningkatan, baik dari segi kualitas produk, proses bisnis, optimalisasi teknologi, pelayanan, organisasi dan sebagainya.

Advertisement

‘Dan yang terpenting adalah bagaimana inovasi-inovasi ini dapat memberikan nilai tambah bagi perusahaan. yaitu melalui efektifitas dan efesiensi biaya produksi dan operasional,” ujar Nugroho.

berdasarkan verifikasi internal perusahaan tercatat mencapai Rp 66 miliar. Ni|ai efesiensi ini merupakan basil kegiatan dari 1.087 gugus inovasi lnsan Petrokimia Gresik selama 2017-2018.

‘Nilai penghematan yang muncul dalam kegiatan inovasi pada tahun ini tentunya dapat dimanfaatkan untuk pengembangan perusahaan di masa yang akan datang,” tambah Nugroho.

Selain itu, pada tahun ini panitia juga kembali menggelar Petrokimia Gresik Innovation Expo (PGIE) 2017. Dalam expo ini, panitia menyediakan booth bagi para inovator PG dan anak perusahaan untuk memamerkan dan mempresentasikan berbagai hasil karya inovatifnya kepada pengunjung.

Advertisement

Adapun tujuan PGIE 2017 adalah untuk mengenaikan hasii karya inovasi PG Grup dan diharapkan mampu menginspirasi karyawan lainnya untuk mau berkontribusi dengan melakukan inovasi serupa di unit kerjanya masing-masing.

Sukses Inovasi
Selain apresiasi dan internal, sebanyak delapan gugus inovasi PG mendapat apresiasi di ajang bergengsi tingkal nasional, yaitu Temu Karya Mutu dan Produktivitas Nasional (TKMPN) yang digelar pada tanggal 27-30 November 2017 di Kota Padang, Sumatera Barat.

Dalam ajang tersebut 1 gugus inovasi PG meraih kategori tertinggi Diamond, sebanyak 6 gugus lainnya meraih Platinum, dan 1 gugus lagi mendapat Gold. Selain itu, satu gugus inovasi dari PG Group, yaitu PT Aneka Jasa Grhadika (AJG) juga berhasil meraih Gold.

Nugroho menyatakan bahwa penghargaan di atas tak lantas membuat perusahaan puas. Perusahaan akan semakin terus menggalakkan dan tidak pernah bosan mengingatkan karyawannya untuk selalu berpikir kreatif dan bekerja inovatif. Karena inovasi merupakan salah satu budaya perusahaan.

Advertisement

“Berpikir kreatif dan bekerja inovatif merupakan modal utama untuk mewujudkan diri sebagai perusahaan yang mampu memberikan solusi bagi sektor agroindustri, khususnya dalam upaya mendukung pemerintah pada program kedaulatan pangan nasional melalui penyediaan pupuk yang berkualitas,” tutup Nugroho.(sgg/nay)

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas