Trenggalek

Kagumi Tari Barong, Bang Zul Titip Emil Jaga dan Lestarikan Pasca Dilantik Wagub

Diterbitkan

-

Ratusan tari Barongan sambut kedatangan Zulkifli Hasan

Memontum Trenggalek—-Kedatangan Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan di Kota Keripik Tempe disambut ratusan penari barongan. Saat menemui ribuan kader Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Trenggalek di sebuah hotel ternama di kota Kripik ini, Bang Zul sapaan akrabnya meminta untuk menjaga dan melestarikan seni budaya tari Barongan.

Kedatangan orang nomor satu di jajaran DPP PAN ini luar biasa ketika dibarengi sambutan penari yang menyuguhkan lenggak lenggok menyerupai ular naga ini.

Zulkifli juga menitipkan pesan kepada Emil Elestianto Dardak Calon Wakil Gubernur Jatim yang mendampingi Khofifah Indar Parawansa jika terpilih menjadi pemimpin Jatim nantinya agar terus menjaga dan melestarikan kesenian Tari Barong khas Trenggalek.

“Ini sungguh luar biasa, Trenggalek sangat berbudaya dan tentunya orang Trenggalek sangat santun, ” ucapnya, yang diamini langsung Emil Elestianto Dardak ketika mendampingi kunjungan sebagai bagian dari road show politiknya di Jawa Timur itu, Selasa (24/4/2018).

Advertisement

Selain tari Barong dengan iringan musik khas jaranan Turonggo Yakso , jaranan khas milik daerah ini, beberapa sudut halaman parkir hotel juga disuguhi tampilan kesenian jaranan yang lain seperti , pegon , senterewe hingga menambah semarak kemeriahan diantara gemuruhnya kader PAN yang antusias menyambut Zulkifli Hasan.

“Saya terharu dengan Trenggalek yang punya segudang ragam kesenian dan ini terlihat menyatu dengan masyarakatnya, ” tuturnya.

Tampilan khas tari Barong memang sedikit berbeda dengan pendahulunya di daerah Bali. Selain warna khas musik yang mengirinya juga kostum yang digunakannya ada warna renda-renda lekukan seperti sisik ular dan bercirikan warna dominan hitam, merah dan kuning.

“Memang dilihat dari tari barong yang asal Bali agak jauh beda , namun justru ini akan terlihat unik sebagai keterlahiran kreasi seni asal Mataraman, ” ungkapnya.

Advertisement

Zulkifli menitipkan kepada para seniman khususnya jaranan di Kabupaten Trenggalek, agar selalu menjaga dan melestarikannya serta bertutur kepada Emil Elestianto Dardak jika berhasil dilantik sebagai Wakil Gubernur Jatim periode 2019-2024 agar terus menjaga kelestarian budaya lokal itu.

“Insya Alloh terus kita support, apalagi beberapa event di luar negeri seperti Jepang dan Korea pernah kita ajak dan tampilakan di sana,” tegas Emil. (mil/yan)

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas