Trenggalek

Dewan Desak Pembebasan Lahan Pelabuhan Prigi Tuntas Akhir Tahun Ini

Diterbitkan

-

Ketua Komisi 2 DPRD Kabupaten Trenggalek, Mugiyanto (biru)

Memontum Trenggalek—Komisi 2 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Trenggalek menekankan pembebasan lahan dalam proses pembangunan Pelabuhan Prigi usai diakhir tahun 2018. Diketahui, sampai saat ini proses yang dilakukan dalam rangka menuntaskan proses calon lokasi Pelabuhan Prigi masih sebatas identifikasi.

Oleh karena itu, DPRD Kabupaten Trenggalek menekan kepada Dinas Perhubungan untuk menyelesaikan tugasnya demi berjalannya proses pembangunan yang maksimal. Guna melakukan upaya percepatan pembangunan Pelabuhan Prigi yang ada di Kecamatan Watulimo, Komisi 2 kembali mengklarifikasi perkembangan proses pembebasan lahan kepada Dinas Perhubungan Kabupaten Trenggalek.

“Kami sudah memanggil Dinas terkait dalam hal ini Dinas Perhubungan untuk mengklarifikasi sejauh mana proses pembebasan lahan Pelabuhan Prigi dilakukan. Kami juga meminta agar proses ini tidak terlalu lama di lakukan, dan harus segera diselesaikan paling lambat akhir tahun 2018 ini, ” ungkap Mugiyanto saat dikonfirmasi, Rabu (25/7/2018).

Pihaknya juga berharap agar proses pembebasan lahan segera diselesaikan. Sehingga pembangunan fisik bisa segera dilakukan dan tidak terkesan dikesampingkan.

Advertisement

“Dewan akan mendukung penuh serta siap dan membantu menyelesaian pembebasan lahan, asalkan semua persyaratan terkait dengan peraturan dan perundang – undangan sudah dipenuhi. Selanjutnya permohonan persetujuan akak diajukan ke dewan, ” tutur politisi Partai Demokrat ini.

Terpisah, Plt Sekretaris Dinas Perhubungan mengatakan bahwa selesai atau tidaknya proses pembebasan lahan di akhir tahun 2018 ini, tergantung dari para pemilik lahan.

“Proses pembebasan lahan memang sudah dilakukan dan masih dalam tahap negosiasi. Kami juga tidak menjamin pembebasan lahan akan selesai diakhir tahun ini. Mengingat masih banyak para pemilik lahan yang masih alot. Sehingga hal ini masih dalam tahap pembahasan dan negosiasi sampai menemukan titik temu, ” kata Kustiyoso.

Perlu diketahui bahwa rencana pembangunan pelabuhan niaga Prigi yang ada di Kecamatan Watulimo ini nantinya akan dibiayai oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Advertisement

Meski begitu, Pemerintah Kabupaten Trenggalek juga memiliki tugas dalam penyediaan lokasi pembangunan. Oleh karenanya, Pekanbaru akan mengeluarkan anggaran sekitar 8,5 miliar untuk proses pembebasan lahan di lokasi tersebut. (mil/yan)

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas