Kediri

Konferwil 2018, Teguhkan Kembali NU Sebagai Payung Bangsa

Diterbitkan

-

Konferwil 2018, Teguhkan Kembali NU Sebagai Payung Bangsa

Memontum Kediri – Ratusan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) se Jawa Timur mengikuti pembukaan Konferensi Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) di Pondok Pesantren Lirboyo Kota Kediri yang di buka Sabtu (28/7/2018) kemarin.

Ketua PBNU DR. KH.Said Agil Sirodj dalam sambutannya menjelaskan, NU Jawa Timur merupakan tolak ukur bagi wilayah-wilayah dan PBNU.

“Karena kita ketahui, benteng atau asal muasal berdirinya NU adalah dari wilayah Jawa Timur. Maka dari itu, sudah sepantasnya NU Jawa Timur merupakan tolak ukur bagi PBNU, ” ujarnya.

Lebih lanjut KH Said Agil Siradj mengatakan, sekarang ini NU sudah berusia 92 tahun NU, dan 8 tahun lagi berumur 100 tahun, tentunya di umur tersebut banyak tugas-tugas berat yang harus diemban, di antarannya dalam mengentaskan kemiskinan. ” Apalagi saat ini memasuki pasar bebas, nasib masyarakat kecil harus bersaing dengan konglomerat, ini yang harus kita perjuangkan. NU tidak antikonglomerat, tapi konglomerat harus bisa mengayomi rakyat kecil, ” tegasnya Said.

Advertisement

Sementara itu Ketua Panitia Konferwil Muhammad Koderi mengatakan, ada sekitar seribu orang telah mengikuti pembukaan Konferwil NU Jatim di Aula Al Muktamar. “Seluruh PCNU baik peserta dan peninjau telah melakukan registrasi. ” PCNU se-Jatim ada 45 orang dengan satu PCNU mengirim 7 delegasinya. Jadi ada sekitar 220 orang. Ditambah pengurus wilayah baik Syuriah maupun Tanfidziah total ada sekitar 800 orang ditambah tamu undangan ada sekitar 300 orang. Jadi, total sampai 1100 an orang,” jelas Koderi.

Komferwil NU Jatim 2018 ini mengusung thema “Meneguhkan Kembali NU Sebagai Payung Bangsa”.

Hadir dalam acara pembukaan helatan akbar lima tahunan ini diantaranya para Masyayih, pengurus Besar Pondok Pesantren se Jawa Timur, seperti KH. Miftahul Akhyar, KH Anwar Mansur (Pondok Lirboyo), KH Khabdullah Khafabihi Makrus, KH An’Im Falahudin Makrus, KH Anwar Iskandar (Ponpes Al-Amin Kota Kediri), KH Zaenuddin Djazuli (Ponpes Ploso Kab. Kediri), KH Hasan Mutawakil Alallah (Ponpes Gengong Probolinggo), Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH. Said Agil Sirodj.(aji/mid/im/yan)

Advertisement
Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas