Trenggalek

Tingkatkan PAD, Komisi 3 Tinjau Pembangunan Rabat Jalan WTL

Diterbitkan

-

Wakil Ketua Komisi 3 DPRD Trenggalek, Imam Basuki (kanan)

Memontum Trenggalek—Guna menunjang akses jalan kepariwisataan alam di Wisata Tebing Linggo (WTL) yang berlokasi Dusun Tawang Desa Nglebo Kecamatan Suruh sehingga mampu mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD), Pemkab Trenggalek usulkan pembangunan rabat jalan sepanjang 320 meter.

Rabatan jalan sepanjang 320 meter ini akan menyambung rabatan yang sudah terlebih dahulu dikerjakan tahun anggaran sebelumnya.

Komisi III DPRD Kabupaten Trenggalek meninjau langsung proyek tersebut sekaligus memastikan kebutuhan infrastruktur penunjang yang dibutuhkan untuk pengembangan WTL yang kini tengah digarap Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) WTL desa setempat.

Wakil Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Trenggalek, Imam Basuki mengatakan peninjauan ini ingin melihat secara langsung persiapan pengerjaan proyek rabat jalan yang rencananya segera dilaksanakan.

Advertisement

“Kami beserta rombongan ingin melihat secar langsung kesiapan lokasi yang akan dikerjakan , utamanya secara teknis sesuai bestek serta denah yang akan dikerjakan rekanan, ” ucap Imam Basuki saat dikonfirmasi, Jumat (10/8/2018).

Politisi PKB ini menjelaskan ruas jalan yang akan dibangun itu dibuat melingkar di sepanjang sungai yang berada di kaki bukit atau gunung Linggo ini.

Hal ini akan membuat pesona tersendiri bagi pengunjung yang ingin menikmati pemandangan dari sisi manapun.

“Nanti itu ada jalan yang melingkari gunung Linggo itu sehingga pengunjung bisa jalan-jalan di sepanjang jalur baru itu, ” imbuhnya.

Advertisement

Namun menurutnya, pihaknya menemukan beberapa kerusakan di akses jalan yang sudah ada utamnya rabatan yang dikerjakan pada tahun anggran yang lalu. Sehingga menurutnya justru pihak pemerintah desa (Pemdes) setempat seharusnya menganggarkan jika serius menjadikan WTL ini menjadi tujuan wisata.

“Ini ada jalan yang rusak , seharusnya pemdes bisa anggarkan, ” tegasnya.

Komitmen pemdes dan masyarakat, setidaknya akan merubah WTL menjadi destinasi baru yang akan menuju peningkatan perekonomian masyarakat.

“Mengingat WTL kini jadi potensi alternatif destinasi wisata alam dan wisata olah raga yang cukup baik maka mereka harus kita dorong , toh ini sudah ada fasilitas seperti gazebo, musala, toilet, dan tempat parkir, ” pungkas Imam.

Advertisement

Lebih lanjut , pihaknya berharap pihak Pemdes Nglebo, rajin mengawasi pelaksanaan pekerjaan, dengan tujuan kualitas pekerjaan dapat dijaga. Serta, mengingat pembangunan jalan ini untuk mendukung kepariwisataan, dapatnya ikut mengawasi dalam rangka tujuan estetika bangunan. (mil/yan)

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas