Kota Malang

RAJA UB Gembleng 11.033 Maba 2018

Diterbitkan

-

Rektor UB menyematkan almamater kepada perwakilan maba UB. (rhd)

Memontum Kota Malang—-Sekitar 11.033 mahasiswa baru (maba) Universitas Brawijaya (UB) mengikuti upacara pembukaan Rangkaian Acara Jelajah Almamater (RAJA) Brawijaya, di lapangan depan Rektorat UB, Selasa (14/8/2018). RAJA merupakan program yang dibentuk oleh Ekselutif Mahasiswa (EM) UB untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru yang diterima di UB. Ada 3 program RAJA, yaitu Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PK2MABA), Pembinaan Budi Pekerti dan Kepemimpinan, dan Open House.

 Pemukulan gong pembukaan RAJA. (rhd)

Pemukulan gong pembukaan RAJA. (rhd)

Program pertama, PK2MABA didahului dengan upacara penerimaan maba oleh Rektor di lapangan UB, yang dibuka mulai jam 06.00 – 16.00 WIB, Selasa (14/8/2018), dimana Rektor UB Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani AR, MS, bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup). “Saya beserta seluruh pimpinan UB dengan bangga dan bahagia menyambut kehadiran saudara sebagai bagian penting dari keluarga besar UB, dalam kerangka membangun karakter anak bangsa yang kuat, sekaligus meraih masa depan yang cerah sesuai yang saudara cita-citakan,” ucap Rektor UB Nuhfil di depan maba, setelah mengenakan almamater kepada perwakilan mahasiswa yang diwakili tga mahasiswa, yaitu mahasiswa termuda usia 15 tahun, essai terbaik, dan difabel berprestasi Arya Nugraha yang membaca sumpah mahasiswa.

 Hiburan marching band. (rhd)

Hiburan marching band. (rhd)

Dalam kesempatan tersebut, Nuhfil mengatakan UB termasuk 5 favorit PTN di Indonesia, yang tahun ini naik menjadi nomor 1, dengan jumlah mahasiswa terbanyak di Indonesia. UB juga termasuk 10 besar terbaik di Indonesia, dan masuk rangking 800+ di dunia. Selain itu, bidang kemahasiswaan UB terbaik di Indonesia, dengan 6 kali dan 3 kali berturut-turut menjadi terbaik PIMNAS. “Jangan sia-siakan kesempatan terbaik untuk menjadi manusia hebat. Kuncinya, bertakwa kepada Allah SWT, beretika, cinta NKRI, prestasi terbaik, dan tunjukkan prestasi akademik,” ungkap Nuhfil.

 Flash mob tampah warna-warni. (ist)

Flash mob tampah warna-warni. (ist)

Maba dihibur dengan tari tradisional, marching band, atraksi flying fox, paduan suara, BSC, dan lainnya. Selain itu, ada kegiatan mob yang diperankan oleh maba dengan memakai ‘tampah’ warna-warni membentuk koreografi berupa tulisan UB, 73 tahun RI, ASIAN GAMES, dan PRAMUKA.

Rektor UB bersama Wakil Rektor dan Dekanat. (rhd)

Rektor UB bersama Wakil Rektor dan Dekanat. (rhd)

Usai upacara, maba mengikuti kegiatan PK2MABA yang ditempatkan di tiga gedung, yaitu Sakri, GOR Pertamina, dan UB Sport Center. PK2MABA kali ini lebih terasa istimewa, karena dihadiri oleh Menteri Kelautan dan Perikanan RI Dr (HC) Susi Pudjiastuti, yang memberikan materi pembekalan kepada maba di gedung Samantha Krida, secara live oleh maba di GOR Pertamina dan UB Sport Center. Selain dilaksanakan secara terpusat di Rektorat, PK2MABA juga dilaksanakan di masing-masing fakultas pada Rabu-Kamis (15-16/8/2018).

 Maba mengikuti PK2MABA. (rhd)

Maba mengikuti PK2MABA. (rhd)

Selama tiga hari pelaksanaan PK2MABA, maba dibekali dengan berbagai materi, yaitu wawasan kebangsaan, budi pekerti, dan menangkal radikalisme. Selain Menteri Kelautan dan Perikanan RI Dr (HC) Susi Pudjiastuti, narasumber yang turut memberikan materi dalam acara PK2MABA, diantaranya Prof. Dr. Ir. M. Nuh, DEA (Mantan Mendikbud), Kol. Inf. Ardiansyah Triono (Paban Sahli Kasad Mabes AD), Letkol. Laut Dr. Adi Bandono, MSi (STTAL), dan dr. Gamal Albinsaid (CEO Indonesia Medika). Diharapkan dengan kegiatan PK2MABA ini, maba akan mengenal UB lebih dalam sebelum mengikuti kuliah di UB. (rhd/yan)

Advertisement
Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas