Trenggalek

Satlantas Polres Trenggalek Luncurkan Mobil Cerdas

Diterbitkan

-

Mobil cerdas inovasi Satlantas Polres Trenggalek

Memontum Trenggalek—-Guna mendorong peningkatan Satlantas Polres Trenggalek kembali meluncurkan inovasi terbaru yakni Mobil Cerdas. Berkaitan dengan dunia pendidikan dan literasi, inovasi mobil cerdas ini di inisiasi oleh Kasatlantas AKP Ricky Tri Dharma.

Mobil cerdas merupakan kendaraan yang berisikan buku – buku bacaan yang nantinya akan ditempatkan di sentra aktivitas masyarakat maupun sekolah secara mobile. Mobil cerdas ini juga disebut perpustakaan berjalan karena setiap orang bisa membaca dan meminjam buku – buku yang disediakan.

“Ide membuat mobil cerdas ini berangkat dari rasa keprihatinan atas rendahnya literasi di kalangan generasi muda saat ini. Lonjakan teknologi dan era digital sekarang ini sedikit banyak mempengaruhi pola pikir anak-anak mencari jalan pintas dalam menemukan sumber belajarnya, ” ucap Kasat Lantas saat dikonfirmasi, Senin (20/8/2018).

Dikatakan Ricky, kehadiran internet saat ini memang sangat membantu. Namun disisi lain, kegemaran anak membaca mulai terkikis. Anak – anak lebih suka bermain gadget daripada membaca buku. Bahkan kalau ada tugas dari sekolah, kebanyakan dari mereka tinggal googling dan copas di internet.

Advertisement
Mobil cerdas inovasi Satlantas Polres Trenggalek

Mobil cerdas inovasi Satlantas Polres Trenggalek

Menanggapi adanya inovasi terkait koleksi bacaan ini, Ricky menuturkan untuk sementara koleksi buku – buku yang dimiliki masih berjumlah seratusan dan mayoritas adalah buku – buku bacaan ini untuk anak – anak sekolah dasar dan menengah.

“Kedepan koleksi kita tambah lebih banyak lagi. Khususnya buku-buku yang berkaitan dengan materi sekolah. Juga buku-buku umum seperti hukum, ekonomi, sosial. Jika perlu kita tambahkan novel, komik dan buku inspiratif lainnya. Biar anak-anak juga betah membacanya, ” imbuhnya.

Masih terang Kasat Lantas, nantinya mobil cerdas ini akan berkeliling ke sekolah – sekolah setiap hari. Agar lebih efektif pihaknya telah menunjuk beberapa personel tim yang akan mengawaki mobil cerdas sekaligus berkoordinasi dengan pihak sekolah tentang buku-buku yang mungkin dibutuhkan oleh para pelajar.

“Pihak sekolah yang paling tahu tentang kebutuhan buku. Jadi kita bisa membantu menyediakan buku – buku lain yang tidak disediakan sekolah sehingga materi pembelajaran yang diterima anak – anak menjadi lebih komprehensif, ” jelas Ricky. (mil/yan)

Advertisement
Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas