Lamongan

Program BPNT Diterapkan Bulan Depan di Lamongan

Diterbitkan

-

Program BPNT Diterapkan Bulan Depan di Lamongan

Memontum Lamongan – Program pemerintah berupa Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), pada bulan depan Oktober 2018 mendatang akan mulai diterapkan di Kabupaten Lamongan. Program BPNT yang merupakan program peralihan dari Bansos Rastra sebelumnya ini akan diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Plt Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Lamongan, Nur Salim mengatakan untuk memperlancar program BPNT ini, berbagai persiapan telah dilakukan, salah satunya dengan mempersiapkan E-Warong yang merupakan tempat pembelanjaan bantuan sosial tersebut. “E-Warong sudah ada 80 persen,” ucapnya, Rabu (26/9/2018).

Dalam program BPNT, Nur Salim menerangkan KPM sebelumnya akan menerima Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dengan besaran Rp 110 ribu yang langsung disalurkan ke rekening penerima manfaat. “Dengan KKS itu para penerima manfaat bisa membelanjakan ke semua E-Warong yang ada di Kabupaten Lamongan, tidak harus yang ada di desanya,” terangnya.

Tak hana itu, Nur Salim menjelasankan dengan KKS itu, para KPM dapat memanfaatkan bantuannya dalam bentuk beras dan telur. “Selain beras dan telur tidak bisa, ditarik tunai pun juga tidak bisa,” ujarnya.

Advertisement

Lebih lanjut, Nur Salim menyebut dengan program BPNT ini juga mempermudah KPM dalam menerima bantuan, KPM juga bisa menyesuaikan apa yang menjadi kebutuhannya, tidak hanya sebatas beras saja tapi juga bisa dibelanjakan untuk membeli telur dan bisa dibelanjakan kapan saja.

“Jadi penerima manfaat bisa membelanjakan kapan saja, jika memang cuma butuh beras boleh beli beras saja atau telur saja, terserah penerima manfaat, dan jika memang ada saldo sisa dari bulan sebelumnya, bisa diakumulasi saldonya untuk bulan selanjutnya, saldo tidak akan hangus tapi setiap bulan harus tetap ada transaksi,” pungkas Nur Salim yang menyebutkan pagu KPM di kabupaten Lamongan ada sebanyak 100567 KPM. (ifa/zen/yan)

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas